Sukses

Menperin Targetkan Pengembangan Mobil Pedesaan Rampung Tahun Ini

Pembuatan prototype ini saat ini diserahkan oleh para insinyur muda yang ada di SMK 2 Klaten.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini tengah mengembangkan jenis mobil baru yang dinamakan mobil pedesaan. Pengembangan saat ini masih dalam pembuatan prototype.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan pembuatan prototype ini saat ini diserahkan oleh para insinyur muda yang ada di SMK 2 Klaten.

"Mobil pedesaan itu didesain Kementerian perindustrian, itu didorong untuk sifatnya bukan mass production tapi job order," kata Airlangga saat berbincang dengan wartawan seperti dikutip Kamis (11/8/2016).

Dia menjelaskan, rencana pengembangan yang dilakukan Kemenperin ini mulai dari merancang, membuat standar, spesifikasi hingga varian mobil itu sendiri. Kendaraan ini dinamakan mobil pedesaan sesuai dengan tujuan peruntukannya yang dikhususkan untuk wilayah-wilayah pedesaan.

Sesuai dengan namanya, Airlangga menjelaskan mobil ini dirancang tidak terlalu besar dan hanya menggunakan kemampuan 1000 CC. Variannya, nantinya akan disesuaikan dengan kontur pedesaan masing-masing.

Dengan pengembangan dilakukan anak bangsa, mobil pedesaan ini akan menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 90 persen. Hanya saja mengenai permesinan akan menggandeng perusahaan yang sudah handal.

"Kita saat ini sedang cari bapak angkat, dalam hal ini yang bisa kerjasama mengenai engine dan transmisinya, karena yang utama di situ," tegas Airlangga.

Sembari mencarikan mitra untuk pemasok mesin, Kemenperin saat ini juga tengah memproses pendaftaran hak paten mengenai mobil pedesaan ini. "Setahun ini kita harapkan bisa selesai semua, kalau hak paten sendiri kita harapkan bisa secepatnya," ungkap dia. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.