Sukses

Ini 5 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Walau sulit, memilih untuk kuliah sembari bekerja ternyata memiliki manfaatnya tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki masa depan yang cemerlang merupakan impian semua orang. Ada saatnya di mana kamu harus menentukan tujuan dari impianmu dengan cara meneruskan studi atau meniti karir.

Bahkan ada diantara kamu yang dihadapi oleh dua situasi bersamaan dimana kamu harus melanjutkan untuk studi sementara kamu juga sedang bekerja.

Namun begitu, ada segelintir manfaat yang bisa diambil ketika Anda memilih berkuliah sambil bekerja. Berikut ulasannya seperti dilansir dari karir.com:

1. Bisa menjadi pribadi lebih tangguh

Kuliah sambil kerja memang sangat menguras waktu, tenaga, serta pikiran. Kalau kamu ada di posisi seperti itu tidak perlu khawatir. Kuliah sambil kerja bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, tapi kamu akan menjadi orang yang lebih tangguh jika bisa melewati keadaan tersebut.

2. Meningkatkan kualitas hidup

Orang yang memilih untuk kuliah dan kerja berbarengan memiliki nilai plus, dalam keadaan seperti ini kamu bisa memperluas wawasan, lebih mandiri, dewasa, memahami cara bersosialisasi lebih dini, hidup berkualitas, mendapatkan pengalaman kerja dan juga membuat CV kamu lebih berkualitas.

3. Mampu membagi waktu dengan baik

Selain itu, kuliah sambil kerja juga melatih keahlian kamu dalam membagi kemampuan pikiran ke dalam dua tugas dan waktu, kamu sebagai mahasiswa serta karyawan. Kuliah sambil bekerja akan melatih kamu lebih fleksibel dalam membagi waktu.

Ketika kamu bekerja, harus konsentrasi dengan pekerjaan kamu dan pada sesudah pulang kerja saat itu lah kamu harus melaksanakan tugasmu sebagai mahasiswa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa melatih mental

4. Bisa melatih mental

Kamu juga bisa melatih mental serta kebiasaan untuk tetap fokus. Maksudnya, kamu harus bisa mengendalikan pikiran ketika sedang bekerja hanya memikirkan tugas kantor, begitu juga sebaliknya saat kamu sedang belajar harus memikirkan tugas kuliah.

5. Mampu beradaptasi lebih baik

Ditambah lagi kamu harus beradaptasi dengan dua lingkungan yang berbeda. Di saat itu lah mental kamu dilatih untuk menghadapi lingkungan yang tidak kita sukai, tentu akan menjadi beban tersendiri.

Tapi ini memberikan kesempatan untuk menangani bagaimana diri kamu mampu untuk bertahan, dan menghadapi lingkungan yang seperti itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini