Sukses

3 Prioritas Kerja Kepala BPS Baru Suhariyanto

BPS bersama instansi terkait akan menyusun strategi pengembangan statistik nasional.

Liputan6.com, Jakarta Setelah resmi menjabat sebagai Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto menyatakan ada tiga prioritas yang akan dilakukannya dalam jangka pendek.

Hal ini bertujuan memperkuat pengumpulan data BPS serta adanya kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses hal tersebut.

"Yang dikerjakan dalam waktu dekat, mungkin ada beberapa prioritas seperti yang dibilang Pak Menteri (Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro) tadi," ujar dia di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Pertama, BPS bersama instansi terkait akan menyusun strategi pengembangan statistik nasional. Nantinya statistik yang dibuat BPS akan digabungkan dengan statistik dari kementerian dan lembaga (K/L) lainnya untuk menciptakan sistem statistik nasional.

"BPS bersama seluruh stakeholder harus mewujudkan satu data. Untuk itu BPS bersama stakeholder akan susun yang namanya strategi nasional pengembangan statistik. Jadi nanti statistik dasarnya dari BPS, sektoral dari K/L lain khususnya dari lembaga penelitian itu digabung. Metodologi konsepnya sama sehingga kita punya sistem statistik nasional yang kuat," jelas dia.

Kedua, BPS juga akan memperkuat metodologi pengambilan data di lapangan. Hal ini penting untuk menyempurnakan dan meningkatkan kualitas data yang dihasilkan nantinya.

"Kedua, target kedua perkuat metodologi. Ada beberapa penyempurnaan metodologi supaya datanya lebih berkualitas," lanjut dia.

Dan ketiga,‎ lanjut Suhariyanto, pihaknya akan mempermudah masyarakat dalam mengakses data yang dirilis BPS‎. Selain itu, tampilan data akan dibuat semudah mungkin untuk dipahami oleh masyarakat.

"Ketiga, bermanfaat buat wartawan. Saya akan bikin data BPS lebih mudah diakses. Tidak dengan table. Tapi mungkin dengan infografis yang lebih mudah dicerna," tandas dia.(Dny/Nrm)

  • BPS atau Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

    BPS

  • Suhariyanto

Video Terkini