Sukses

RI Bakal Punya Peran Besar bagi Perekonomian Global

Kawasan Asia memegang peran penting dalam struktur perekonomian global. Indonesia menjadi salah satu negara yang punya kontribusi besar.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dinilai akan mampu memainkan peranan besar dalam perekonomian global. Itu karena Indonesia mempunyai kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi di ASEAN khususnya dan Asia secara lebih luas.

Global Head Citi Global Subsidiaries Group Marc Melino mengatakan, kawasan Asia memegang peran penting dalam struktur perekonomian global. Indonesia menjadi salah satu negara yang punya kontribusi besar dalam kawasan ini.

"Kami melihat Asia sebagai salah satu kawasan yang akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi dunia. Indonesia memiliki peran penting di Asia," ujar dia di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, ‎Selasa (20/9/2016).

Dia menjelaskan, dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi global terus  melambat. Hal ini juga terjadi di Indonesia. Meski demikian, Indonesia termasuk negara yang beruntung karena mampu bangkit dari perlambatan ini, meskipun belum maksimal.

"Hampir setiap tahunnya, proyeksi pertumbuhan ekonomi selalu direvisi hampir lima tahun terakhir," kata dia.

Namun dengan perbaikan iklim investasi yang saat ini tengah digenjot pemerintah, kata Melino, bukan tidak mungkin Indonesia mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi ekonomi dunia ke depannya.

Dia berharap minat investasi di Indonesia terus menunjukkan tren positif ke depannya. “Kami melihat pemerintah Indonesia berkomitmen dalam meningkatkan Foreign Direct Investment. Bagaimana pemerintah juga meningkatkan peringkat Ease of Doing Bussiness. Ini komitmen kuat. Saya rasa Indonesia bisa," tandas dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.