Sukses

4 Pelajaran Finansial dari Orang Kaya

Berikut karateristik yang dimiliki individu dan keluarga kaya.

Liputan6.com, Jakarta- Dr. Thomas J. Stanley dari Georgia State University Amerika pernah mempublikasikan buku berjudul "The Millionaire Next Door" yang menjadi best seller di tahun 1998. Sejak diterbitkan, buku tersebut sudah berkali-kali direvisi. Namun isinya masih sesuai kenyataan. Karakteristik orang kaya yang diceritakan dalam buku tersebut masih belaku hingga saat ini.

Buku tersebut mengupas kepribadian yang banyak dimiliki orang-orang kaya. Berikut karateristik yang dimiliki individu dan keluarga kaya. Yang paling penting tentus saja yang berkaitan dengan DNA finansial seperti dikutip CekAja.com:

Mereka berinvestasi dan fokus memaksimalkan penghasilan

Orang kaya seringkali menabung lebih awal dan fokus pada mengembangkan diri sehingga penghasilan pun semakin meningkat. Mereka memandang karier dan diri sendiri sebagai investasi. Berinvestasi pada waktu dan usaha dipercaya akan berbuah manis di masa depan.

Mereka mengerti bahwa ilmu yang didapatkan di sekolah formal tidaklah cukup. Mereka paham kalau mereka harus jadi yang terdepan karena ketatnya persaingan kerja. (Baca juga: Ingin Lebih Cepat Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan? Simak Cara Ini!)

Mereka berhati-hati dalam menghabiskan uang

Dalam mengatur pengeluaran dan menabung, orang kaya dan sukses penuh perencanaan. Mereka sudah menyiapkan sejumlah uang untuk investasi, dana darurat, dan tabungan. Mereka bisa mengatur kebutuhan berdasarkan prioritas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hidup di bawah kemampuan

Mereka hidup di bawah kemampuan

Kita hidup di tengah masyarakat konsumtif. Tapi orang yang sedang membangun kekayaan justru menjalankan gaya hidup di bawah kemampuan. Mereka percaya berapapun penghasilan, mereka harus tahan godaan gaya hidup konsumtif.

Setiap tahun saat gaji mengalami kenaikan dan menerima bonus, orang-orang cenderung menghabiskan lebih banyak. Akhirnya mereka terbiasa dengan gaya hidup boros yang sulit untuk diubah. Semakin tinggi penghasilan Anda, semakin wajib bagi Anda untuk menabung dan berinvestasi lebih banyak

Mereka melek finansial

Setinggi apapun gelar Anda, jika tidak punya pengetahuan finansial yang cukup, Anda sulit mempertahankan kekayaan sebanyak apapun yang Anda miliki. Orang kaya tahu jika zaman cepat sekali berubah. Nilai uang yang terasa besar saat ini bisa jadi tidak ada apa-apanya di masa depan.

Oleh karenanya, mereka selalu mencari cara untuk menambah pengetahuan finansial. Seperti investasi apa yang paling menjanjikan, strategi menabung untuk pensiun, dan lain-lain. Pengetahuan fianansial ini harus dipelajari karena kebanyakan tidak diajarkan di sekolah-sekolah formal. (Baca juga: Kunci Sukses Orang Terkaya di Dunia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini