Sukses

Dino Patti: Banyak Diaspora Pulang ke RI Tak Punya Pekerjaan

Saat ini banyak orang Indonesia yang bekerja dan membangun kariernya di luar negeri atau yang disebut sebagai diaspora.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak orang Indonesia yang bekerja dan membangun kariernya di luar negeri atau yang disebut sebagai diaspora. Banyak diaspora yang pulang ke Indonesia dan menjadi sukses, namun tak sedikit juga yang malah menganggur.

Ketua Dewan Penasehat Indonesia Diaspora Network Dino Patti Djalal‎ dari pengalaman tersebut, dia meminta pemerintah jangan terlalu ngotot meminta para diaspora ini pulang ke Indonesia. Di luar negeri mereka punya karier yang cemerlang, namun belum tentu itu didapatkan saat mereka pulang kampung.

"Masukan kepada pemerintah, jangan terlalu ngotot minta diaspora pulang kampung. Karena banyak sekali kasus ketika mereka pulang, mereka tidak punya pekerjaan," kata Dino dalam diskusi 'Indonesia Creative Economy 2017' di Setiabudi 2, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Dipaparkannya, saat ini jumlah diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai negara mencapai 6 juta orang. Dengan jumlah itu, namun yang dihitung pemerintah sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) hanya sekitar 2 juta orang.

Demi mengantisipasi resiko pengangguran para diaspora pulang ke Indonesia‎, Dino mengaku saat ini tengah menjajaki kerja sama dengan sebuah perusahaan untuk melakukan pendataan para diaspora Indonesia di luar negeri.

"Jadi dengan adanya database itu kita bisa koordinasikan dengan apa yang dibutuhkan di dalam negeri, dan secara langsung akan kita link ke perushaan yang membutuhkan tenaga diaspora tersebut di dalam negeri, ini win-win solution," paparnya. (Yas)