Sukses

Harga Bawang Putih Naik Rp 5.000 Jelang Ramadan

Sejumlah harga bahan pangan naik menjelang Ramadan, yaitu harga bawang putih dan bawang merah.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah harga bahan pangan mulai menunjukkan kenaikan jelang masuk Ramadan pada akhir bulan ini. Seperti hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan.

Di sini, terlihat bahan pangan yang naik signifikan adalah untuk jenis bawang putih. Bawang putih kini di banderol Rp 65 ribu per kilogram (kg). Harga ini naik Rp 5.000 jika dibandingkan minggu lalu.

"Cabai rawit sudah turun, sekarang gantian bawang yang naik, ini sudah naik segitu dibandingkan minggu lalu," kata salah satu pedagang, Heryati (45) saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (11/5/2017).

Kenaikan juga terlihat untuk jenis bawang merah. Hanya saja kenaikan bawang merah tak setinggi bawang putih. Harga bawang merah kini Rp 36 ribu per kg, naik Rp 2.000 dari sebelumnya.

Tak hanya dua jenis komoditas itu, kenaikan juga terlihat di minyak goreng. Minyak goreng curah ada kenaikan Rp 1.500 per ‎kg dari sebelumnya Rp 11.500 kini dijual dengan harga Rp 13 ribu per kg.

Untuk jenis cabai, harganya rata-rata stabil. Cabai merah keriting dijual dengan harga Rp 36 ribu per kg, cabai merah besar Rp 40 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 80 ribu per kg, dan cabai rawit hijau Rp 60 ribu per kg.

Penurunan terjadi di beberapa jenis sayuran. Seperti halnya kentang, turun Rp 1.000 menjadi Rp 15 ribu per kg. Hal serupa juga terjadi untuk tomat, kini dijual seharga Rp 12 ribu per kg, turun Rp 2.000‎ per kg.

"Ya sebagai pedagang sih harapannya bulan puasa kali ini tidak ada kenaikan harga. Kalau mau naik ya sedikit saja, jangan tinggi-tinggi, yang wajar saja," ucap‎ pedagang sembako, Joko (51).

Untuk harga beras medium, di Pasar Mampang dijual seharga Rp 10 ribu per kg dan beras premium seharga Rp 12 ribu per kg. Sementara untuk telur ayam, kini dijual seharga Rp 21 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per kg, dan tepung terigu Rp 8.000 per kg.

Sedangkan untuk jenis daging, daging ayam dibanderol Rp 30 ribu per ekor, daging sapi Rp 120 ribu per kg dan daging kambing seharga Rp 120 ribu per kg. (Yas)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.