Sukses

Punya Hobi Mahal? Begini Cara Atur Duitnya

Memanjakan diri sendiri dengan melakukan hobi yang dimiliki sudah wajib hukumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Memanjakan diri sendiri dengan melakukan hobi yang dimiliki sudah wajib hukumnya. Kapan lagi kita bisa menikmati indahnya dunia ini kalau tidak dimulai dari sekarang. Hidup hanya sekali, hal inilah yang memicu orang melakukan apapun yang diinginkannya.

Selagi masih dalam takaran wajar, tentu saja bukan menjadi masalah besar.Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda. Ada yang suka bersepeda, olahraga, membaca, menonton TV, menari, memancing, dan travelling. Kebanyakan dari hobi tersebut bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun sebagian dari hobi tersebut bisa menguras dompet.

Hobi-hobi mahal biasanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kemampuan ekonomi yang cukup baik. Kalau tidak, bagaimana mungkin ia bisa membayar hobi mahal tersebut. Tidak ada larangan atau hukum yang membatasi kita untuk melakukan hobi.

Yang terpenting adalah kita bisa mengatur keuangan agar kelak tidak terjadi malapetaka yang akhirnya merugikan diri sendiri atau bahkan orang lain.Agar hobi mahal tersebut tetap berjalan sesuai harapan, coba lakukan beberapa tips atur keuangan di bawah ini untuk hobi mahal tersebut seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Membuat Anggaran Khusus

Jika punya hobi untuk mengoleksi barang-barang antik yang bernilai mahal, cobalah untuk membuat anggaran khusus untuk hobi tersebut. Anda bisa menyisihkan 10 persen - 12 persen dari total penghasilan per bulan.

Persentase ini bisa menyesuaikan, tergantung berapa gaji yang diterima setiap bulannya. Jika harga dari barang antik tersebut melebihi budget yang ditentukan, cobalah untuk bersabar hingga uangnya terkumpul. Jangan pernah memperbesar persentase yang telah ditetapkan karena sifat menggebu-gebu tersebut.

2. Membatasi Anggaran

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membatasi anggaran. Jumlah penghasilan yang diterima per bulannya wajib dialokasikan terlebih dahulu untuk hal-hal yang penting, seperti kebutuhan pokok, membayar listrik, air, telepon, koneksi internet, asuransi, cicilan rumah, dan cicilan kendaraan bermotor.

Setelah kewajiban pokok sudah terpenuhi, barulah Anda bisa mengalokasikan gaji untuk hobi mahal tersebut. Setelah semuanya terpenuhi, jangan lupa untuk menabung dan berinvestasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memilih dengan Cerdas

Barang-barang antik memang sangat mahal harganya. Apalagi jika barang tersebut termasuk barang yang sangat terkenal di zamannya. Untuk itulah Anda harus bisa memilih dengan cerdas. Kualitas memang terjamin apabila harganya mahal.

Namun tidak selamanya barang murah memiliki kualitas yang jelek, bukan?Intinya, carilah barang antik yang harganya on budget dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan pula membeli produk sekaligus karena tindakan ini bisa menguras dompet Anda.

4. Jangan Malu dengan Namanya Diskon

Jika Anda pergi berbelanja ke mal, pasti ada saja orang yang malu untuk membeli barang diskonan. Tentu saja hal ini salah besar. Justru membeli barang yang sedang diskon bisa menekan pengeluaran. Dengan demikian, sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya.

Baik secara offline maupun online, banyak toko yang menawarkan diskon kepada pelanggannya. Terkadang diskon yang diberikan tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai 70 persen hingga 90 persen. Sangat menggiurkan, bukan?

3 dari 3 halaman

5. Bergabung dalam Komunitas

Hal yang paling menyenangkan adalah saat kita bergabung dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama. Benar, tidak? Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa bergabung dalam sebuah komunitas.

Mengapa? Karena Anda bisa berbagi dan saling menunjukkan koleksi masing-masing tanpa harus membeli semua koleksi barang antik tersebut. Anda juga bisa meminjam kepunyaan orang lain kalau pemiliknya berkenan. Selain itu, informasi yang didapatkan juga semakin banyak, tentu saja dengan penawaran terbaik pula.

6. Hidup Sederhana

Kalau sudah mengetahui hobi Anda mahal, cobalah untuk hidup sederhana. Hindari untuk berfoya-foya dan tetap fokus pada pengeluaran rutin setiap bulan. Jangan terlalu mengikuti kemauan diri sendiri tanpa mempertimbangkan beberapa aspek penting lainnya, karena hal ini akan membawa Anda pada kondisi ekonomi yang tidak sehat.

Cobalah untuk mengontrol diri ketika ingin membeli sesuatu. Pertimbangkan manfaat apa saja yang akan diperoleh dengan membeli barang tersebut.

Memiliki hobi itu memang mengasyikkan. Akan tetapi, keasyikan tersebut bisa malah membawa malapetaka bagi yang tidak bisa mengontrolnya. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini