Sukses

Harga Bawang Merah dan Putih Kompak Turun Rp 1.000 per Kg

Harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional relatif terjaga.

Liputan6.com, Jakarta Harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional relatif terjaga. Bahkan ada beberapa jenis komoditas yang kembali mengalami penurunan.

Dari pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan bahan pangan yang mengalami penurunan adalah bawang putih dan bawang merah.

Harga bawang putih di pasar ini dibanderol seharga Rp 24 ribu per kg, atau turun Rp 1.000 dibandingkan minggu lalu. Begitu juga dengan bawang merah, juga mengalami penurunan Rp 1.000 per kg yaitu menjadi Rp 30 ribu per kg.

"Harga sekarang segini-gini saja, ga ada naik turun yang berarti. Ini lebih baik, jadi orang bisa beli, dagangan kita juga laku," kata salah satu pedagang, Yanti (38) saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (9/10/2017).

Sementara harga bahan pangan lainnya cenderung tidak berubah. Seperti jenis cabai. Cabai merah keriting dijual dengan harga Rp 26 ribu per kg, cabai merah besar Rp 28 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 30 ribu per kg dan cabai rawit hijau justru turun Rp 1.000 per kg menjadi Rp 24 ribu per kg.

Untuk kentang, di Pasar Mampang dijual dengam harga Rp 17 ribu per kg dan tomat Rp 10 ribu per kg. Sedangkan untuk tepung terigu kini dihargai Rp 8.000 per kg dan garam dapur Rp 15 ribu per kg.

Sementara dari bahan sembako rata-rata harganya juga tidak ada perubahan. Seperti minyak goreng curah Rp 13 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per kg, telur ayam Rp 22 ribu per kg, beras kualitas medium Rp 10 ribu per kg dan beras kualitas premium dibandrol Rp 12 ribu per kg.

Sedangkan untuk jenis daging, ada sedikit kenaikan di daging ayam. Satu ekor daging ayam dijual dengan harga Rp 36 ribu, naik Rp 1.000 dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

"Ada kenaikan sedikit, ini kita beli dari tempat pemotongannya sudah begitu, mungkin pasokannya agak kurang atau terlambat," tambah pedagang daging ayam, Ramdhani (35).

Untuk daging sapi segar dan kambinh masing-masing dijual dengan harga yang sama, yaitu Rp 120 ribu per kg. (Yas)

Video Terkini