Sukses

Trik Jitu Merealisasikan Ide Bisnis Menjadi Nyata

Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai dan meluncurkan inovasi Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap produk yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari berasal dari sebuah pemikiran beberapa tahun yang lalu. Tanpa orang-orang yang memiliki kepercayaan diri untuk berbagi konsep dan desain baru, kita tidak akan maju sebagai masyarakat.

Inovasi yang Anda punya bisa menjadi peluang untuk sukses di dunia bisnis, dan dapat membuka peluang yang tidak pernah Anda pikirkan. Meskipun ini bukanlah proses yang mudah, langkah pertama untuk mengubah ide bisnis Anda menjadi produk adalah membagikannya.

Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai dan meluncurkan inovasi Anda, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Tantangan untuk menciptakan

Sukses dalam dunia inovasi adalah tentang mendapatkan waktu Anda dengan benar. Jika Anda menunggu terlalu lama, orang lain akan menggunakan ide yang sama dan Anda akan tertinggal. Di sisi lain, jika penemuan Anda adalah yang pertama dari jenisnya, pasar bisnis mungkin tidak siap dan Anda harus berjuang untuk membuka tempat bagi produk Anda.

Jika Anda berada di paling akhir, Anda harus melihat pesaing dan memutuskan apakah Anda akan melanjutkannya atau pergi ke arah lain dengan penemuan baru Anda.

Tantangan besar lainnya bagi penemu adalah mencari tahu bagaimana cara membuat publik sadar akan produk Anda. Ide Anda mungkin hebat, tetapi tanpa rencana pemasaran, tidak akan ada yang tahu tentang itu.

Banyak pengusaha baru yang memulainya dengan tidak memiliki anggaran iklan yang besar untuk mempromosikan penemuan mereka. Tapi itu tidak harus menghalangi mereka. Anda bisa memulainya dengan rencana pemasaran media sosial yang kuat, yang hemat biaya dan luas jangkauannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tips untuk sukses

1) Jangan pergi sendiri

Ada banyak langkah yang terlibat dalam proses penemuan, dan Anda bisa untuk mencoba mengurus semuanya sendiri. Tetapi akan lebih baik jika Anda mencari bantuan profesional sehingga Anda dapat yakin bahwa bagian-bagian tertentu dari proses akan berada di tangan yang berpengalaman.

Anda juga bisa mempertimbangkan mitra bisnis. Temukan seorang co-founder yang percaya pada ide atau produk Anda dan pastinya mereka memiliki keahlian khusus yang tidak Anda miliki. Perusahaan yang memiliki co-founder lebih mungkin untuk berhasil dibandingkan dengan wirausahawan tunggal.

2) Luangkan waktu untuk melakukan penelitian

Menciptakan produk membutuhkan banyak penyelidikan awal, kesabaran, dan ketahanan. Sebelum memulai proses, pastikan Anda memiliki waktu untuk menguji inovasi Anda. Ini berlaku ketika Anda melihat perlindungan paten untuk ide Anda. Apakah desain Anda melanggar hak cipta orang lain?

Lakukan penelitian terhadap inovasi dan membiasakan diri dengan proses dan jargon (keahlian khusus) yang digunakan di lapangan termasuk paten, hak cipta, dan merek dagang. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin memastikan penemuan Anda legal untuk dibuat dan dijual, konsultasikan dengan pengacara yang mengkhususkan diri dalam paten dan hukum IP.

3 dari 4 halaman

3) Kembangkan prototype

Prototype adalah proses pembuatan model sederhana software yang mengizinkan pengguna memiliki gambaran atas dasar tentang program serta melakukan pengujian awal.

Setelah Anda menemukan pasar dan memastikan bahwa jalur hukum Anda sudah jelas, inilah saatnya untuk mulai mewujudkan ide Anda dengan menciptakan prototype. Pada titik ini, Anda harus memutuskan apakah Anda akan memproduksi (membuat dan produk Anda sendiri) atau melisensikan produk Anda (menjual ke perusahaan lain untuk membuat, menggunakan, dan menjual produk Anda, memberikannya dengan imbalan biaya lisensi dan pembayaran royalty).

4) Bekerja di lapangan elevator Anda

Bahkan sebelum Anda memiliki produk jadi untuk dijual, Anda harus mulai membicarakannya dengan teman-teman dan kontak profesional Anda. Pentingnya mengembangkan elevator pitch yang hebat selama promosi penjualan singkat yang mencakup hook, pernyataan nilai, statistik, dan data lainnya, dan keunikan produk Anda.

4 dari 4 halaman

5) Terus uji produk Anda

Produk tidak akan sempurna dalam percobaan pertama. Anda harus mengubah produk dan membuat beberapa perubahan di sepanjang jalan, dan cara terbaik untuk mengetahui perubahan tersebut adalah dengan menguji penemuan Anda dengan konsumen nyata. Dapatkan umpan balik yang jujur dari konsumen untuk memberikan saran atau kritik terhadap ide Anda.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa me-revolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.