Sukses

Produk Fitting dan Pipa Air Panas Rucika Standar Kualitas Internasional

Kompetisi bisnis manufacturing seperti sistem perpipaan di Indonesia yang makin ketat dan permintaan pasar yang tinggi mendorong PT Wahana Vinyl Nusantara melakukan pengembangan bisnis melalui beberapa langkah strategis.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi bisnis manufacturing seperti sistem perpipaan di Indonesia yang makin ketat dan permintaan pasar yang tinggi terhadap produk pipa berkualitas mendorong, PT Wahana Vinyl Nusantara, perusahaan induk dari produsen pipa Rucika (PT Wahana Duta Jaya Rucika) melakukan pengembangan bisnis melalui beberapa langkah strategis.

Melalui anak perusahaan, PT Wahana Duta Jaya Rucika, perseroan memperluas kolaborasi bisnis yang semula hanya dengan Wavin BV, kini menjalin kerjasama mitra baru seperti Ke Kelit dan Poloplast dari Austria, serta perusahaan Jepang yang memang memiliki spesialisasi produk tersendiri.

"Perusahaan dari Jepang memiliki spesialisasi pada fitting atau sambungan pipa. Perusahaan Jepang ini memiliki sekitar 30.000 jenis produk fitting sementara di Indonesia baru tersedia 500 jenis dan Rucika sendiri telah memiliki 300 lebih jenis fitting. Untuk pipa air panas dan dingin bertekanan serta pipa peredam suara, kami bekerjasama dengan perusahaan Ke Kelit dari Austria dan Poloplast," kata Aaron Widjaja, Bussiness Development Director PT Wahana Duta Jaya Rucika di Jakarta.

Dikatakan oleh Aaron produk pipa air panas dan dingin saat ini memiliki potensi pasar yang cukup tinggi. Sementara produk fitting menjadi salah satu terobosan baru untuk sistem inspeksi perpipaan yang lebih baik.

“Langkah ini merupakan perwujudan dalam melebarkan scope bisnis system perpipaan dengan menghadirkan lini produk yang lebih luas, berkualitas, variatif dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan stakeholders,” ujar Aaron Widjaja. 

Melalui kerjasama dengan perusahaan Jepang, Wahana Vinyl Nusantara juga ingin mewujudkan “Hygienic Sewerage and Drainage System” dengan specialty fitting, misalnya Access Fitting.

Access Fitting ini semacam jenis sambungan pipa yang sangat cocok digunakan pada instalasi air bersih, air hujan, air kotor dan pipa ventilasi udara. Fitting PVC juga berfungsi untuk mengeceks aluran pipa atau inspeksi jikalau terjadi sumbatan. Pengecekannya bisa dilakukan dengan bantuan kamera," tutur Aaron.

Jikalau terjadi sumbatan pada saluran pipa, aplikator atau tukang bisa mengeceknya melalui fitting ini dengan menggunakan bantuan kamera sehingga tidak lagi dengan cara menebak-nebak atau trial and error yang sering terjadi di masyarakat,"

"Di Jepang jenis sambungan atau fitting PVC pada satu rumah terdapat 9 titik untuk inspeksi perpipaan. Di Jepang sudah ada standarnya, sementara di Indonesia belum. Idealnya setiap rumah itu memang ada beberapa titik akses fitting seperti di dapur, instalasi toilet, carport, dll," ujar Aaron.

Sejauh ini RUCIKA memiliki berbagai macam jenis sambungan/fitting yang sangat lengkap dengan lebih dari 300 item produk, dan jenjang produk pipa yang lengkap. Produk fitting sendiri bisa tahan lebih dari 30 tahun.

Solusi Total SistemPerpipaan

Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen memberikan Solusi Total Sistem Perpipaan, secara berkala, Rucika mengeluarkan ukuran baru produk sambungan pipa PVC. Hadirnya ukuran baru ini tentunya untuk melengkapi kebutuhan instalasi saluran air baik gedung bertingkat ataupun perumahan. Berikut adalah 12 ukuran terbaru sambungan pipa PVC Rucika yang akan tersedia di toko bangunan terdekat Anda:

 

 

1.      Large Radius Tee (AW) 2 ½” x 2” – isi per box = 15 pcs

2.      Large Radius Tee (AW) 3” x 2” – isi per box = 14 pcs

3.      Large Radius Tee (AW) 4” x 1 ½” – isi per box = 7 pcs

4.      Large Radius Tee (AW) 6” x 3” – isi per box = 5 pcs

5.      Large Radius Tee (AW) 6” – isi per box = 3 pcs

6.      Y Branch (AW) 2” – isi per box = 20 pcs

7.      Y Branch (AW) 3” x 2” – isi per box = 11 pcs

8.      Y Branch (AW) 4” x 2” – isi per box = 7 pcs

9.      Y Branch (AW) 4” x 3” – isi per box = 6 pcs

10.  Flange (AW) 2½” – isi per box = 15 pcs

11.  45° Elbow (AW) 1½” – isi per box = 27 pcs

12.  P – Trap (D) 3” – isi per box = 12 pcs

Sebagai peraih penghargaan Top Brand 2018 untuk kategori sambungan pipa, Rucika terus berinovasi dan melengkapi rentang produk sambungan yang dibutuhkan oleh para konsumen. Hadirnya ukuran terbaru ini, diharapkan dapat memberikan solusi total pada sistem perpipaan PVC agar terus dapat mengalirkan air keseluruh Indonesia!

PT Wahana Vinyl Nusantara merupakan induk usaha PT Wahana Duta Jaya Rucika (WDJR) dan PT Wahana Tunas Utama Rucika (WTUR), termasuk dua depo operasi, yaitu PT Djabesdepo Fortuna Raya (DFR) di Surabaya dan PT Djabesdepo Fortuna Medan (DFM) di Medan. Kehadiran perusahaan induk PT Wahana Vinyl Nusantara memiliki posisi penting untuk mengintegrasikan semua lini bisnis sistem perpipaan mulai dari produksi, penjualan hingga pendistribusian.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini