Sukses

Jokowi Tinjau Lokasi Padat Karya Tunai Irigasi Kecil di Sumbawa

Presiden Jokowi meninjau lokasi program Padat Karya Tunai (PKT) irigasi kecil di Sumbawa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi program Padat Karya Tunai (PKT) irigasi kecil di Desa Pernek, Kecamatan Moyohulu, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (30/7/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi yang turut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, serta Gubernur NTB Zainul Majdi, menyempatkan diri untuk berbincang dengan para petani terkait program padat karya tunai yang tengah dikerjakan.

Mengutip keterangan tertulis Kementerian PUPR, petani lokal di sana membangun saluran irigasi kecil sepanjang 319 meter untuk bisa mengairi lahan irigasi seluas 80 hektare. Saluran irigasi tersebut berada di Desa Batubulan dan mendapatkan pasokan air dari Bendungan Batubulan yang berkapasitas 48,6 juta m3.

Nilai anggaran yang disisihkan yakni sebesar Rp 225 juta, termasuk di dalamnya pemberian upah kepada petani sebesar Rp 102 ribu per hari untuk tukang, serta Rp 87 ribu per hari untuk pekerja. Upah itu dibayarkan secara mingguan, dengan lama waktu pekerjaan 60 hari.

Selain bermanfaat untuk memberikan pemasukan kepada petani, program PKT irigasi kecil ini juga turut meningkatkan efisiensi air dengan memperkecil dampak kehilangan air di sepanjang saluran tersier, serta menambah produktivitas pertanian.

Proyek infrastruktur irigasi berupa bendung dan saluran irigasi akan berperan meningkatkan produktivitas pangan nasional guna mencapai ketahanan pangan sebagaimana Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Kementerian PUPR menargetkan pembangunan 1 juta hektare jaringan irigasi baru dan merehabilitasi sekitar 3 juta hektare jaringan irigasi dalam periode 2015-2019, salah satunya melalui program padat karya tunai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini