Sukses

5 Syarat Atlet Berprestasi yang Ikut Seleksi CPNS 2018

Syarat untuk atlet berprestasi pada seleksi CPNS 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah membuka kesempatan emas bagi para atlet berprestasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2018.

Atlet yang berhasil menorehkan berprestasi dalam ajang berolahraga bergengsi mendapatkan formasi khusus. Namun terdapat persyaratan yang perlu diikuti.

Lebih lanjut, pemenang medali Asian Games 2018 juga belum dimasukkan dalam formasi CPNS ini. Yang masuk hanya pemenang dari olimpiade internasional di tahun-tahun sebelumnya. 

Berikut syarat formasi CPNS untuk atlet seperti dilansir dari akun Instagram resmi @bkngoidofficial.

1. Minimal medali emas pada Sea Games dan, atau, Asian Para Games tahun 2015 dan, atau, tahun 2017, atau Asia Tenggara tahun 2017 yang diakui setingkat oleh federasinya.

2. Minimal medali perak pada Asian Games tahun 2014 dan, atau, kejuaraan tahun 2014 yang diakui oleh federasinya.

3. Minimal medali perunggu pada Olympic dan, atau, Paralympic Games tahun 2016, dan, atau, kejuaraan dunia tahun 2016 yang diakui oleh federasinya.

4. Memiliki pendidikan formal minimal Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau yang sederajat, yang dibuktikan dengan fotocopy sah ijazah/surat tanda tamat belajar.

5. Dibuktikan dengan piagam/sertifikat dan surat atas keterangan prestasinya yang dikeluarkan oleh lemmbaga/induk organisasi cabang olahraga yang berwenang dan mendapatkan pengesahan dari Menteri Pemuda dan Olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Jurusan yang Cocok via SSCN

Pemerintah memberikan kemudahan bagi yang ingin mendaftar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. 

Pelamar yang ingin mengikuti seleksi CPNS akan diperlihatkan beberapa posisi terbaik yang bisa menjadi pilihan pada saat mendaftar. Pilihan ini mengacu pada lulusan pendidikan terakhir pelamar tersebut.

"Misalnya, bagi pendaftar yang sarjana hukum, situs nanti akan memperlihatkan tiga short listed posisi yang bisa diambil. Semisal, kalau tidak di Kemenkeu (Kementerian Keuangan), nanti muncul opsi lain, yaitu Pemprov DKI (Jakarta) atau (Pemerintah Daerah) Kabupaten Sumedang," jelas Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan belum lama ini.

Lalu bagaimana caranya?

Adapun prosesnya, pendaftar CPNS 2018 pertama kali harus mengunjungi situs sscn.bkn.go.id. Kemudian pendaftar memilih pencarian lowongan yang ada di situs SSCN BKN.

Selanjutnya akan muncul kolom yang berisi permintaan untuk memasukkan jurusan pendidikan terakhir.

Usai itu, situs SSCN akan menunjukkan beberapa formasi jabatan yang bisa dicoba merujuk pada pendidikan terakhir pelamar.

Contohnya, S-1 Sastra Inggris, maka muncul jabatan, instansi, jenis formasi, dan informasi lengkap yang bisa kamu download. Ini seperti tampak pada gambar berikut.

 

 

Lowongan di SSCN. Dok: SSCN

 

 

Contoh mencari jurusan yang cocok di SSCN. Dok: SSCN

Lowongan untuk lulusan D-III juga dapat kamu temukan di sini. Terlihat lewat contoh berikut ini:

Mencari lowongan D-III di SSCN. Dok: SSCN

Sebagai informasi, pendaftaran CPNS paling cepat akan dibuka pada 26 September mendatang, meskipun tanggal tersebut masih belum pasti. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini