Sukses

5 Trik Kecil untuk Tabung Uang Lebih Banyak

Perubahan perilaku dalam hal uang bisa memberi efek positif.

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu mengurangi pengeluaran dengan cara tidak makan atau cabut gigi tanpa perlu ke dokter, tetapi sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Atau ada juga gagasan menabung dengan cara menghentikan melakukan hobi yang kamu suka agar hemat uang. Tetapi itu juga tak semudah yang diucapkan.

Menurut Motley Fool, menabung uang lebih ke melibatkan pemotongan bijak terhadap pengeluaran. Jadi tak perlu mengorbankan segala hal yang kamu suka dan cari jalan tengahnya.

Berikut tips dari Motley Fool untuk bisa menyimpan banyak uang dengan melakukan hal-hal kecil. Berikut lengkapnya.

1. Buat Anggaran

Akan sangat susah menyimpan uang bila kamu tidak tahu untuk apa yang kamu habiskan. Buatlah anggaran yang sederhana, mulai dari menulis pengeluaran besar, sampai hal-hal kecil.

Kamu bisa saja mencatat beberapa pengeluaran kecil ke dalam satu kategori umum, tetapi lebih baik membuat anggaran dengan rinci agar lebih mudah memutuskan pengeluaran apa yang bisa dipotong.

2. Kurangi Lemak

Bila sudah membuat anggaran, pasti terlihat beberapa anggaran yang tidak perlu. Contohnya, tanpa sadar kamu sering membeli kopi-kopi mahal, atau mungkin kebanyakan beli makanan kecil.

Selain makanan, cek pula layanan berlangganan yang jarang kamu pakai, seperti TV kabel atau layanan streaming lain. Jika jarang dipakai, lebih baik layanannya dihentikan saja untuk hemat uang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Awet Beli Barang

Tidak perlu kejar-kejaran memiliki barang terbaru. Bila barang seperti pakaian atau smartphone bisa awet tanpa harus perlu beli yang terbaru, maka kamu bisa menabung sedikit lebih banyak uang.

4. Kurang-kurangi Aktivitas

Untuk menyimpan uang, terkadang butuh sedikit pengorbanan seperti hobi. Itu bukan berarti kamu harus sepenuhnya mencampakan hobi, cukup kurangi saja uang yang kamu habiskan.

Jika kamu suka main game, jangan sampai habiskan banyak uang untuk membeli beragam item, atau kurang-kurangi membeli novel, dan kurangi juga anggaran untuk jalan-jalan atau nongkrong.

5. Transfer Uang ke Rekening Lain

Saat mendapat gaji, langsung saja transfer sejumlah uang ke rekeningmu yang lain. Rekening itu bisa berperan khusus untuk uang yang disisihkan tanpa perlu diganggu pengeluaran lain.

Walau tak perlu mentransfer uang dalam jumlah besar ke rekening cadangan tersebut, tetapi lama-lama dananya pasti makin tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini