Sukses

Berhemat Saat Berlibur Tak Mustahil dengan 7 Trik Ini

Siapa bilang liburan harus menguras tabungan? Anda bisa menghemat sambil jalan-jalan dengan 7 trik ini.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir tahun semakin dekat, liburan panjang pun sudah di depan mata. Tak sedikit pula yang sudah menyusun recana liburan ke luar kota atau ke luar negeri.

Namun, liburan juga tentu akan membuat Anda mengeluarkan sejumlah uang. Jika tidak cermat, liburan malah bisa menguras tabungan dan merusak momen menyenangkan.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah menyusun rencana dan biaya liburan dengan baik sebelum traveling. Mengutip Money Crashers, ini 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya liburan.

1. Nyalakan fitur price alert

Setiap Anda mulai merencanakan suatu perjalanan, selalu nyalakan fitur price alert untuk setiap platform atau situs pemesanan tiket penerbangan atau hotel.

Dengan demikian, Anda mengetahui saat tiket yang ingin Anda pesan mencapai harga terendahnya. Jangan lupa untuk mematikan fitur tersebut setelah Anda melakukan pemesanan.

2. Lakukan pencarian dan pemesanan dalam mode incognito

Saat Anda menggunakan internet dalam mode penyamaran atau incognito, browser Anda tidak akan mengumpulkan cookies, yaitu data yang mengidentifikasi Anda pada situs yang dikunjungi. 

Tanpa kemampuan untuk melacak pergerakan Anda di internet, situs atau vendor perjalanan tidak dapat menebak keinginan dan tujuan Anda, sehingga tidak bisa menaikkan harga pada hotel, jadwal, atau tanggal tertentu.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan situs yang memiliki promo cashback

Saat ini ada banyak situs layanan pemesanan tiket atau hotel yang menawarkan berbagai promo menarik, salah satunya dalam bentuk cashback. Walaupun jumlahnya tidak besar, biaya yang dihemat bisa Anda gunakan untuk hal-hal lain saat berlibur.

Selain situs layanan pemesanan tiket, ada pula sejumlah platform lain yang menawarkan program cashback, misalnya ShopBack. Pastikan Anda tidak menggunakan browser dengan mode incognito saat melakukan pemesanan agar bisa terlacak dan bisa menerima cashback.

4. Cari promo last-minute

Jika Anda merencanakan liburan secara mendadak atau kehabisan tiket, Anda bisa memanfaatkan promo-promo last-minute. Umumnya semakin dekat waktu pemesanan Anda, jumlah biaya yang bisa dihemat juga semakin besar.

Jika Anda mengunjungi beberapa kota sekaligus atau melakukan road trip, manfaatkan promo-promo semacam ini untuk menekan biaya pengeluaran.

3 dari 4 halaman

5. Pesan tiket penerbangan di pertengahan minggu

Jika waktu atau hari berlibur Anda fleksibel, jadwalkan liburan Anda pada pertengahan minggu. Ini berlaku baik bagi pemesanan tiket berangkat, pulang, atau lebih baik lagi, keduanya. 

Biasanya, harga tiket akan melonjak pada Kamis dan Jumat, meningkat lagi pada Minggu, dan turun ke harga terendahnya pada Selasa atau Rabu.

6. Bawa baju cadangan di carry-on

Semua orang tentu tidak menginginkan kejadian yang kurang beruntung menimpa mereka, apalagi saat tengah berlibur. Namun terkadang, hal yang tidak diharapkan bisa terjadi, misalnya koper hilang atau tertinggal. 

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu membawa satu atau lebih baju cadangan dalam carry-on. Koper yang tertinggal biasanya akan sampai dalam beberapa hari. Dengan membawa baju cadangan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli pakaian.

4 dari 4 halaman

7. Gunakan kendaraan umum atau sewa sepeda

Kecuali Anda berencana untuk mengunjungi pinggiran kota yang sulit dicapai atau transportasi umum di negara yang akan Anda kunjungi masih jarang, lebih baik untuk tidak menyewa mobil.

Saat ini, banyak negara yang sudah menyediakan transportasi umum yang mudah dan efisien untuk bepergian di dalam kota. Selain itu, menggabungkan transportasi publik dengan layanan ride-sharing online juga bisa lebih murah dibanding menyewa mobil.

Alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah menyewa sepeda saat berpergian ke kota yang tidak terlalu besar. Selain sehat, Anda bisa lebih mengetahui seluk beluk daerah yang dikunjungi dan menghampiri lokasi-lokasi yang jarang dikunjungi.

Berpergian atau traveling adalah suatu pengalaman yang berharga sekaligus menyenangkan. Apalagi, jika Anda bisa menghemat uang sembari berlibur. Dengan mengikuti trik di atas, Anda bisa pulang dari liburan dengan perasaan bahagia tanpa harus meratapi keuangan. (Felicia Margaretha)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Â