Sukses

Urutan Lahir Penentu Kesuksesan, Sulung atau Bungsu yang Lebih Sukses?

Salah satu faktor yang dapat berdampak pada peluang sukses Anda adalah urutan lahir. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kerja keras dan motivasi tinggi ternyata tak melulu menjadi satu-satunya yang berpengaruh pada kesuksesan Anda di masa depan. Bahkan terdapat faktor-faktor lain di luar dugaan yang ternyata dapat berdampak pada peluang sukses Anda.

Melansir laman Business Insider, Selasa (27/11/2018), salah satu diantaranya cukup mengejutkan, yakni urutan lahir Anda dalam sebuah keluarga. Hal tersebut diungkapkan psikolog Joseph Burgo Ph.D.

"Saya rasa, anak bungsu dapat merasa sangat termotivasi untuk membuktikan kesuksesannya pada orangtua dan dunia. Hal ini dapat bermuara pada ambisi semata," terang Burgo.

Menurutnya, hal yang sering terjadi justru sebaliknya. Dorongan yang terlalu kuat untuk membuktikan kelayakan dirinya seringkali tak berujung pada hasil yang memuaskan.

Penelitian terakhirnya, juga membahas mengenai perkembangan harga diri yang dimulai sejak dua tahun pertama dari kehidupan setiap manusia. Pasalnya, di usia tersebut, setiap anak-anak merasakan keterikatan yang menyenangkan dengan sang ibu.

"Dan anak pertama mendapatkan banyak sekali perhatian bukan? Karena mereka satu-satunya objek yang menerima seluruh perhatian sang ibu dari awal," tuturnya.

Itulah yang cenderung membentuk kerendahan hati yang lebih tinggi pada anak sulung. Karakter tersebut juga yang membuatnya cenderung lebih sukses dalam hidup dibandingkan adik-adik yang lahir setelahnya.

"Anda bisa bayangkan, waktu berlalu, dan ada lebih banyak anak dalam keluarga yang membuat orangtua harus membagi-bagi perhatiannya," terang Burgo.

Lebih detil ia menjelaskan, terutama dalam keluarga besar dengan banyak anak, sebagian diantaranya akan merasa tersesat. Seperti kesulitan mencari makna dan tujuan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini