Sukses

Pilih Apartemen Tunggal atau Superblok? Kenali Plus Minusnya

Berikut jenis-jenis apartemen yang bisa kamu pertimbangkan sebelum beli.

Liputan6.com, Jakarta - Tren memiliki properti dengan unit apartemen terus meningkat setiap tahun. Pasalnya, lahan yang terbuka kini semakin terbatas. Walaupun beberapa masih tetap memilih hunian rumah karena memiliki anggaran berlebih. Namun, jika kamu memiliki bujet yang terbatas, apartemen pun bisa menjadi salah satu solusinya.

Terlebih bagi kamu yang bekerja di Jakarta yang harus memperhitungkan waktu untuk bisa tiba di lokasi kerja. Sayangnya, hunian yang semakin dekat dengan pusat kota maka biasanya juga membuat harganya jadi melambung. Alhasil, kamu pun harus memilih tempat hunian yang berada di pinggir kota.

Meskipun berstatus sebagai kota metropolitan, Jakarta masih ramah dengan para pekerja berkantong tipis. Letaknya mungkin jauh dari kantor. Tapi, bukankah itu lebih baik daripada memaksakan diri untuk memilih hunian mahal dan akhirnya pendapatan habis?

Dikutip dari Swara Tunaiku, berikut jenis-jenis apartemen yang bisa kamu pertimbangkan sebelum beli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apartemen tunggal

Keunggulan dari apartemen tunggal itu memiliki privasi yang lebih terjaga. Orang-orang yang hilir-mudik untuk berkunjung ke mal yang masih satu kompleks pun tidak banyak. Kesannya jadi lebih tenang serta eksklusif. Terutama buat kamu yang memang punya kecenderungan tidak suka dengan keramaian.

Umumnya, harga yang ditawarkan untuk memiliki apartemen tunggal itu tidaklah mahal. Agak lebih murah ketimbang superblok. Biaya bulanan untuk tagihan listrik, air, maintenance & service fee, dan lainnya pun sama. Di apartemen tunggal, biaya-biaya tersebut lebih murah ketimbang yang ada di superblok.

3 dari 3 halaman

Apartemen superblok

Superblok memiliki ciri khas yang setiap bangunannya menyatu. Jadi, antara pusat perkantoran, pusat kuliner, mal, area komersial, bioskop, sampai beragam fasilitas lainnya dibuat dalam satu tempat. Bangunan-bangunan tersebut dibatasi dengan tembok dan umumnya hanya memiliki satu pintu masuk.

Contohnya ada pada kawasan Senayan City, Gandaria City, Central Park Podomoro City, dan lain-lain. Meski terkesan agak lebih mahal ketimbang apartemen tunggal, tapi dari segi efisiensinya, superblok lebih unggul. Tapi untungnya harga jual apartemen di superblok bisa melonjak lebih tinggi daripada waktu kamu beli.

Itulah perbedaan antara apartemen superblok dengan apartemen tunggal yang wajib kamu ketahui. Pilihan apakah mau tinggal di apartemen tunggal ataupun superblok mutlak berada di tanganmu. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini