Sukses

Ingin Dapat Pekerjaan Baru pada 2019? Yuk Simak 5 Tips Ini

Pergantian tahun baru membuat banyak orang untuk membuat resolusi baru. Salah satunya mendapatkan pekerjaan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian tahun baru membuat banyak orang untuk membuat resolusi baru. Salah satu diantaranya mendapatkan pekerjaan baru.

Namun sayangnya, keinginan tersebut tidak diimbangi dengan tindakan tepat untuk mendapatkannya.

Maka hal apa sajakah yang harus diketahui untuk mempermudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan baru?

Dilansir dari CNN, berikut ini adalah lima hal yang perlu Anda ketahui untuk memudahkan  mendapatkan pekerjaan baru:

1. Mengetahui Keahlian yang dimiliki

Ini merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Kita harus mencari keahlian apa yang dapat  dilakukan secara spesifik.

Jika kita telah memiliki pekerjaan sebelumnya,  harus mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan selama ini. Apakah itu sudah sesuai atau belum, dan mulai memikirkan serta memastikan pekerjaan apa yang tepat untuk kita di masa depan.

2. Perbaharui terus resume

Setelah mengetahui keahlian apa yang dimiliki, saatnya untuk mempromosikannya di dalam resume kita.

Jika kita telah memiliki banyak pengalaman kerja sebelumnya, maka tidak harus menuliskan semua pengalaman tersebut di resume tersebut. Kita hanya menulis pengalaman apa saja yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang ingin dilamar ke depannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluas Networking

3. Memperluas networking

Kita tidak boleh meremehkan kekuatan networking di saat mencari pekerjaan baru. Ini karena dengan banyaknya jaringan yang dimiliki akan memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu, bergabunglah dengan asosiasi profsional yang terhubung dengan orang-orang di bidang atau perusahaan yang disukai dan menghadiri konferesi pertemuan untuk memperluasnya. Selain itu, kita juga harus mempererat hubungan dengan orang-orang yang sudah kita kenal.

4. Gunakanlah image positif dalam akun di situs pencarian pekerjaan 

Di saat kita menggunakan situs untuk mencari pekerjaan pastikan menulis gambaran yang positif untuk menggambarkan diri kita agar perusahaan yang mencari pekerja akan tertarik untuk melihat lebih lanjut resume yang dimiliki.

5. Bersabar

Yup, bersabar merupakan hal terakhir dan yang terpenting untuk kita ketahui. Untuk mendapatkan pekerjaan bukan hal yang mudah, dan tentunya itu tidak akan terjadi dalam waktu sekejap. Sebuah survei yang dikutip dari laman CNN, untuk mendapatkan suatu pekerjaan biasanya memakan waktu rata-rata sekitar lima bulan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.