Sukses

Simak Tips Mudah Menjual Produk

Berikut ini beberapa kiat mudah untuk menjual apa pun kepada siapa pun.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu keterampilan paling berharga yang dimiliki tenaga penjualan adalah mengetahui cara menjual sesuatu. Memiliki keterampilan dalam berdagang, dapat membuka banyak peluang, terutama bagi pengusaha dan pemilik bisnis.

Anda dapat mempelajari beberapa teknik sederhana yang dapat diterapkan pada situasi penjualan apapun. Apakah Anda menjual produk secara online, melalui telepon, tatap muka, atau bahkan dalam sebuah wawancara.

Berikut ini beberapa kiat mudah untuk menjual apa pun kepada siapa pun, melansir laman Briantracy.com, Minggu (8/3/2020):

1. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Tidak peduli apa yang Anda jual, bagian terpenting dari keahlian menjual adalah memahami kebutuhan pelanggan, dan mencari cara untuk memenuhi keinginan mereka.

Dalam hampir setiap kasus, seorang tenaga penjualan yang berfokus pada layanan pelanggan, dan bagaimana suatu produk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, akan jauh lebih sukses daripada seorang tenaga penjualan yang berfokus pada fitur dan spesifikasi produk itu sendiri.

Mungkin pelanggan Anda memiliki ketidaksukaan terhadap produk, atau mungkin mereka memiliki keinginan yang dapat dipenuhi. Setelah Anda menentukan kebutuhan pelanggan target, dan bagaimana produknya, Anda dapat memenuhinya. Dengan memusatkan penjualan di sekitar memenuhi kebutuhan itu adalah cara terbaik sejauh ini untuk menutup penjualan.

2. Pelajari Cara Menjual Diri Anda

Penting untuk diingat bahwa sebelum seseorang mau menyerahkan uang hasil jerih payahnya, mereka harus menyukai Anda sebagai pedagang sama banyaknya. Mereka menyukai produk yang Anda jual. Maka dari itu, saat Anda melakukan promosi penjualan, luangkan sedikit waktu untuk mengenal pelanggan Anda dan biarkan mereka mengenal Anda.

Ceritakan kisah singkat kepada mereka, buat mereka tertawa, dan secara keseluruhan biarkan kepribadian Anda menarik. Jika Anda dapat membuat pelanggan melihat Anda sebagai pribadi yang hangat, mereka akan jauh lebih cenderung untuk membeli dan tertarik pada produk Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Teliti Segmentasi Pembeli

Sebelum Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, dan menyusun promosi penjualan untuk menargetkan mereka seefektif mungkin, Anda harus terlebih dahulu mengetahui sebanyak mungkin tentang orang yang akan membeli produk.

Kadang-kadang peningkatan penjualan mensyaratkan meneliti klien tertentu, jika Anda melakukan promosi penjualan besar-besaran ke sosok profil tinggi dalam perusahaan yang dapat Anda teliti sebelumnya.

Di lain waktu, ketika Anda menjual langsung ke konsumen, meneliti yang dijual berarti mencari tahu target pelanggan, untuk produk dan menganalisis kebutuhan dan keinginan mereka.

Dengan mengetahui sebanyak mungkin tentang siapa Anda, sebelum memulai promosi adalah penting jika ingin promosi penjualan menjadi seefektif mungkin.

4. Ajukan Pertanyaan

Mendengarkan pertanyaan dari pelanggan itu penting, sehingga mereka merasa didengarkan apa yang diinginkan. Sehingga akan memberikan dampak yang bagus untuk bisnis dagang Anda. Atau juga Anda bisa bertanya sebaliknya kepada pelangga. Untuk itu memungkinkan Anda untuk mencari tahu lebih lanjut tentang pelanggan Anda, kebutuhan dan keinginan mereka, dan apa yang mereka cari dalam suatu produk.

Namun, sama pentingnya, mengajukan pertanyaan adalah teknik penjualan yang efektif karena orang senang membicarakan diri mereka sendiri.

Namun hal ini kembali lagi pada bagaimana membuat orang yang menyukai Anda; ketika Anda menunjukkan minat yang tulus pada mereka dan memberi kesempatan untuk berbicara tentang topik favorit diri mereka sendiri.

Mereka akan lebih mungkin untuk menikmati percakapan dan karena itu lebih mungkin untuk membeli sesuatu produk Anda pada akhirnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini