Sukses

Cara Sederhana Menabung untuk Hari Tua

Tabungan untuk masa depan ini sangat penting guna menjamin kehidupan kamu di hari tua.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang merasa sulit untuk menyimpan uang guna tabungan di masa depan atau masa pensiun. Alasannya, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja sudah sangat sulit apalagi untuk menabung untuk masa depan. 

Namun tabungan untuk masa depan ini sangat penting guna menjamin kehidupan kamu di hari tua. Jangan sampai sampai lanjut usia kamu masih harus berpeluh keringat mencari uang untuk makan di hari itu. 

Nah, sebenarnya ada cara yang sangat efektif untuk menabung atau menyiapkan dana untuk persiapan di hari tua. Caranya adalah berhemat dan menyimpannya di tempat yang tak bisa dijangkau dengan mudah. 

Penting untuk dilakukan, berhemat ini bisa dilakukan secara otomatir secara berkala, baik bulanan, mingguan, atau bahkan harian. Ada dua mode untuk menyimpan uang secara otomatis: digital dan manual.

Jika Anda ingin menabunguntuk masa depan, berikut ada tiga hal yang perlu diingat, dilansir dari laman America Saves, Senin (21/6/2020):

1. Langsung potong di depan

Usahakan untuk mengarahkan jumlah tertentu dari gaji kamu setiap periode kemudian di transfer ke rekening pensiun atau tabungan (atau keduanya). Cara ini bisa dilakukan dengan banyak cara.

Pertama Anda bisa menghubungi pemberi kerja kamu agar langsung memasukkan sebagian gaji sesuai dengan permintaan ke rekening dana pensiun. Bisa juga kamu menghubungi bank tempatmu penerima gaji dan meminta untuk memisahkan sebagian gaji ke rekening lain.  

Setiap hari gajian, bank akan mentransfer jumlah tetap dari rekening giro Anda ke rekening tabungan atau investasi. 

Pilih satu hari dalam sebulan atau interval reguler, seperti setiap 2 minggu, untuk mentransfer jumlah yang ditetapkan dari rekening giro Anda ke kendaraan tabungan.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Simpan uang receh Anda

Setiap hari, masukkan semua uang receh dari saku atau dompet ke dalam toples atau celengan, dan jangan menghabiskannya. Jika toples itu mulai terlihat menggoda dan penuh, bawa ke bank sebulan sekali untuk diuangkan dan disimpan ke dalam rekening tabungan.

Namun, jika kamu memiliki toples besar: tidak ada salahnya menunggu dan mengisi tabungan otomatis Anda sampai menumpuk. 

3 dari 3 halaman

3. Optimis

Apabila kamu tidak punya uang yang cukup untuk dihemat. Mungkin Anda bisa mengurangi beban utang Anda sebelumnya, sehingga kamu bisa optimistis menabung dan menyimpan uang secara otomatis ke depannya.

Setelah Anda mengurangi utang, setiap orang memiliki kemampuan untuk mulai menabung. Berpikirlah "Mulai Kecil, Berpikir Besar."

Kamu bisa mulai dengan hanya sedikit, dan bisa menabung setiap hari, mingguan, atau bulanan.

Seiring waktu, setoran kamu akan bertambah. Bahkan sejumlah kecil tabungan dapat membantu di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini