Sukses

Gampang Kok, Sejatinya Begini Rumus Sederhana Kelola Uang

Manajemen keuangan adalah salah satu keterampilan paling penting yang diperlukan dalam kehidupan untuk sekarang, dan ke depannya.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil, hal pertama yang diajarkan tentang cara mengelola keuangan, adalah dengan menyimpan uang dalam celengan. Itu adalah pelajaran pertama manajemen keuangan yang sudah diajarkan kedua orang tua.

Anak-anak diajarkan untuk menyimpan uang bila ingin membeli apa yang  jadi keinginan mereka. Seperti mainan, baju, makanan, dan lainnya.

Memang, manajemen keuangan adalah salah satu keterampilan paling penting yang diperlukan dalam kehidupan untuk sekarang, dan ke depannya.

Tapi kebenarannya mengatur keuangan tidak mudah. Hidup datang dengan banyak tantangan finansial dan lainnya.

Tapi patut diketahui jika berikukt 4 rumus sederhana tentang cara mengelola keuangan, dilansir dari laman Freemalaysia.com, Jumat (17/7/2020).

1. Buat anggaran

Sangat penting untuk memiliki anggaran. Orang cenderung lupa bahwa seluruh pendapatan mereka tidak hanya untuk membayar pengeluaran. Adapula membayar sewa, dan kewajiban lain yang harus dipenuhi.

Hitung pengeluaran bulanan, lalu lihat berapa banyak yang tersisa untuk dibelanjakan. Lacak pengeluaran bulanan normal dan nilai apa yang sebenarnya dikeluarkan.

Penting untuk menuliskan anggaran. Cobalah membuat proyeksi anggaran, sedekat mungkin dengan anggaran yang sebenarnya.

Melacak pengeluaran sangat penting. Ini untuk memastikan bahwa semua pengeluaran diawasi. Ini adalah satu-satunya metode yang berhasil menyingkirkan pengeluaran yang tidak diinginkan, ketika seseorang mendekati target anggaran.

2. Gunakan Uang dengan Bijak

Buat keputusan yang bijak saat membeli sesuatu. Pastikan yang dibeli itu memang jadi kebutuhan dan tidak hanya dipakai sekali atau dua kali, yang sebenarnya bisa dipinjam atau disewa..

Kemudian fokus pada investasi. Ini termasuk membayar uang muka untuk membeli rumah, karena semua orang membutuhkan tempat tinggal yang layak.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Berinvestasi

Manfaatkan uang sepenuhnya dengan melakukan investasi. Sering lah mencari informasi tentang investasi, maka akan membantu Anda menentukan peluang investasi mana yang terbaik.

Setiap bidang pekerjaan dilengkapi dengan berbagai jenis investasi. Pastikan untuk membuat keputusan yang tepat.

Di atas semua itu, seseorang harus memikirkan rencana pensiun dan asuransi, seperti kehidupan dan kesehatan, rumah dan terhadap bencana karena ini sangat penting.

4. Menyimpan uang

Menyimpan uang harus menjadi prioritas. Antara ingin menabung dan memenuhi keinginan nafsu belanja, terkadang sulit untuk menghemat uang.

Ingatlah bahwa tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi menabung memastikan bahwa Anda siap setiap saat. Cobalah untuk mendapatkan dana darurat karena mungkin berguna suatu hari nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.