Sukses

Cara TaniHub Tingkatkan Kesejahteraan Petani

TaniHub Group, bekerja sama dengan Axiata Digital Services Indonesia dan Boost Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - TaniHub Group, bekerja sama dengan Axiata Digital Services Indonesia dan Boost Indonesia, untuk memungkinkan kedua belah pihak saling melengkapi dalam hal peningkatan kesejahteraan petani dan inklusi keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Melalui kerja sama ini, TaniHub Group akan menjadi pemasok hasil tani dan produk pangan kepada mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Boost Indonesia yang dikenal dengan nama Merchant. Dengan dukungan pasokan dari TaniHub, para Merchant dapat menawarkan produk pangan dan hasil tani melalui aplikasi Boost Penjual milik Boost Indonesia. 

Sehingga kedua belah pihak dapat menawarkan solusi peningkatan kesejahteraan petani sekaligus UMKM Indonesia. Hasil panen petani binaan maupun petani mitra TaniHub Group dapat secara langsung diserap dan dijual melalui para Merchant Boost. Tidak hanya itu, masyarakat juga semakin mudah untuk mengakses dan mendapatkan bahan pangan berkualitas dari petani Indonesia.

CEO TaniHub Group Ivan Arie Sustiawan,  mengatakan ia percaya adanya kolaborasi memudahkan perjuangan TaniHub Group dan Boost Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan pemerataan ekonomi,

“Kolaborasi yang terjalin antara TaniHub Group dan Boost Indonesia melebarkan akses mitra petani TaniHub Group dalam bidang penyerapan hasil tani, juga akses Merchant Boost kepada bahan pangan berkualitas,” kata Ivan di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Lalu,CEO PT Axiata Digital Services Indonesia Joseph Lumban Gaol, mengatakan kerjasama yang terbangun antara Boost dan TaniHub Group dapat mengeskalasi kesejahteraan ekonomi pelaku UMKM dan petani secara bersamaan.

“Melalui program ini pula, Boost akan memfasilitasi para Merchant Boost melalui dukungan TaniHub Group agar para Merchant kami bisa mendapatkan layanan modal kerja dari penyedia layanan keuangan. Dengan demikian, program ini dapat merealisasikan inklusi keuangan kepada sektor UMKM perdagangan ritel dan pertanian yang selama ini kurang terlayani,” ujar Joseph.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Inklusi Keuangan

Joseph berharap kolaborasi antara TaniHub Group dengan Boost Indonesia akan ikut menyumbang peningkatan dan realisasi inklusi keuangan bagi para pelaku UKM ritel dan petani.

Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat literasi keuangan mencapai 38,03 persen dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia mencapai 76,19 persen.

Angka tersebut melampaui target yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) sebesar 75 persen untuk tingkat inklusi keuangan dan 35 persen untuk tingkat literasi keuangan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 50 Tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.