Sukses

Genjot Produksi Kakao, Realisasi KUR Mencapai Rp 216,56 Miliar

Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menggenjot produksi kakao.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menggenjot produksi kakao. Salah satunya melalui gerakan peningkatan produksi, nilai tambah dan daya saing (Grasida)

Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementan, Heru Tri Widarto mengatakan realisasi pendanaan melalui program kredit usaha rakyat (KUR) untuk komoditas kakao kini mencapai Rp 216,56 miliar dengan jumlah sebanyak 8.335 debitur.

“Sedangkan realisasi program KUR untuk sektor perkebunan telah terserap Rp 10,14 triliun dengan jumlah sebanyak 254.386 debitur,” ujarnya.

Kakao merupakan tujuh komoditas prioritas yang masuk dalam Grasida. Produksi kakao akan ditargetkan mencapai 970,83 ribu ton pada 2024 mendatang. Sedangkan pada 2019 produksi kakao sebesar 596,50 ribu ton.

Nilai devisa komoditas kakao dalam satu dekade terakhir terus menurun. Hal ini karena. Pada 2010 nilai devisa kakao mencapai 1,47 juta USD dollar, sedangkan pada 2019 hanya 422 ribu USD dollar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Produksi 1 Juta Batang di Tahun 2021

Kementan pun siap memproduksi benih kakao sebanyak 1 juta batang tahun 2021 yang akan ditanam di semua sentra kakao seperti di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua. Karena kebutuhan biji kakao dalam negeri dirasa masih kurang.

Dalam kesempatan lain, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, siap memenuhi kebutuhan industri yang semakin meningkat.

“Kita siapkan kelompok tani dan lahannya. Kalau Kemenperin siap bawa industri mana saja yang perlu biji, kita bawa semua kelompok tani untuk tandatangan MoU. Dalam 2,5 tahun hasilnya sudah kelihatan,” ujarnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini