Sukses

Ingin Cepat Kerja, Kuasai Dulu 5 Keterampilan Paling Dicari Berikut

tahun 2021 akan segera tiba, sehingga simak 5 keterampilan kerja ini terlebih dahulu agar tidak didahulukan orang lain

Liputan6.com, Jakarta Tidak dipungkiri wabah pandemi Covid-19 membuat tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan dan membuat stres.

Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari pekerjaan yang baru lagi untuk menunjang kehidupannya.

Namun perlu diketahui oleh pencari kerja bahwa kemampuan hard skill yang dimiliki tetaplah penting untuk dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, namun kemampuan soft skill yang sering dilupakan juga tetao dubutuhkan agar relevan dalam tenaga kerja yang berubah dengan cepat seperti saat ini.

 Mengutip dari CNBC, Kamis (12/11/2020) berikut 5 keterampilan yang harus dikuasai sebelum 2021 sehingga dapat membantu Anda berkembang

 1. Keterampilan berpikir futuristik

Salah satu keterampilan yang sangat sedikit orang kembangkan. Di mana kemampuan untuk memprediksi peristiwa, tren masa depan dan bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi industri atau tempat kerja Anda.

Dapatkan perspektif futuris tentang potensi perubahan jangka panjang, tantangan dan peluang.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterampilan selanjutnya

2. Keterampilan kepemimpinan yang berani

Meskipun tidak memiliki jabatan manajerial, namun keterampilan kepemimpinan sangat penting untuk kemajuan karir. Faktanya, pengusaha yang memperhatikan kualitas kepemimpinan lebih cenderung menawarkan kenaikan gaji, promosi atau lebih banyak tanggung jawab.

Ini bukan sekadar hanya mengelola tim, namun juga memiliki keberanian untuk melewati atau keluar dari zona nyaman Anda.

3.  Keterampilan kecerdasan emosional

Menjadi salah satu keterampilan terbaik yang dicari pemberi kerja. Jika memiliki keterampilan kecerdasan emosional yang kuat maka memungkinkan Anda untuk memahami dan berinteraksi dengan perasaan yang dapat membantu membangun hubungan yang berkualitas dan membuat keputusan yang cerdas dan bijaksana.

4.  Keterampilan komunikasi interpersonal

Komunikasi tentunya dilakukan setiap hari. Keterampilan komunikasi tidak hanya yang dikatakan atau diketik, tetapi juga melibatkan pendengaran aktif dan kesadaran nada, eskpresi wajah dan bahasa tubuh. 

5. Fleksibilitas kognitif

Pemberi kerja akan lebih menekankan pada kemampuan kognitif seperti kreativitas dan kemampuan beradaptasi.

Orang yang memiliki keterampilan ini sering kali akan memberi energi perubahan beradaptasi dengan cepat dan mudah ke hal yang tidak diketahui sebelumnya

Selain itu juga mereka senang bereksperimen dengan ide baru dan mampu mempertimbangkan banyak konsep secara bersamaan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.