Sukses

Mau Bisnis Kuliner, Ini yang Perlu Diperhatikan

berikut kiat memulai usaha kuliner bagi pemula

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang menggap bahwa bisnis kuliner itu ribet dan menyusahkan. Yap itu bagi pemula, namun perlu diketahui, menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil yang baik. Walaupun dianggap ribet, faktanya bisnis kuliner itu sangat menjanjikan dalam segi keuntungan.

Pasalnya, banyak orang selalu mencari makanan untuk kebutuhan sehari-hari. Tak heran banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner. Dilansir liputan6.com, berikut kiat memulai usaha kuliner bagi pemula.

Modal

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah modal atau budget yang ingin kamu gunakan. Memang saat ini, banyak usaha kuliner yang frenchise, kamu cukup mencari lokasi usaha dan bahan-bahan akan dikirimkan oleh pihak frenchise usaha.

Namun, jika kamu memilih membangun usaha kuliner sendiri, kamu perlu memperhatikan budget yang akan kamu gunakan. Dari situ kamu bisa memperkirakan usaha kuliner apa yang ingin kamu jalankan.

Pilih kuliner

Hal perlu kamu perhatikan adalah memilih jenis kuliner yang akan kamu jalankan. Misalnya, kedai kopi, warung nasi, atau camilan. Nah, kini banyak usaha kuliner yang naik daun. Tak ada salahnya kamu mencari referensi dari mereka.

Survey

Dalam poin ini, kamu bisa memulainya dengan survey pasar, lokasi yang akan dijadikan tempat usaha sampai survey bahan-bahan. Pilihlah lokasi yang ramai orang atau kamu bisa bergabung dengan food court. Lihat sekitar daerah tersebut apakah sudah ada yang menjalankan usaha yang ingin kamu lakukan. jika ada, alangkah baiknya kamu bisa sedikit menjauh dari lokasi tersebut.

Setelah itu, kamu bisa mencari produsen untuk mendapatkan bahan-bahan kuliner yang ingin kamu jalankan. Pilihlah yang selalu punya stok dan harga terjangkau.

Buat tim solid

Menjalankan usaha kuliner harus memiliki tim yang solid. Setidaknya 2-3 orang membantu kamu menjalankan usaha kuliner itu. Kalau pun kamu belum memiliki budget untuk merekrut karyawan kamu bisa minta bantuan keluarga mapun teman untuk membantu dari awal.

Gunakan media sosial

Saat ini, peran media sosial sangat membantu dalam menjalan jenis usaha apapun, termasuk kuliner. dari situ, kamu bisa menjalankan promosi yang ingin diberikan kepada pelannggan. Selalu up date mengenai usaha kulinermu di media sosial juga turut membantu kamu lho.

Gunakan aplikasi untuk pembukuan

Kemajuan teknologi sangat dirasakan saat ini. Mungkin dahulu seseorang menggunakan buku catatan untuk menghitung pendapatan dan pengeluaran. Namun kini, melalui aplikasi buku catatan, kamu bisa menyimpan pembukuan dengan mudah. Kamu cukup unduh aplikasi tersebut dan input angka pendapatan dan pengeluaran usaha kulinermu. Nantinya aplikasi itu mampu menyimpan data dengan baik.

Coba deh!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini