Sukses

Program Buy The Service di Bogor Bakal Pakai Bus Listrik?

Skema Buy The Service saat ini telah ada di lima kota yaitu Palembang, Surakarta, Medan, Yogyakarta dan Denpasar.

Liputan6.com, Jakarta Layanan bus dengan skema Buy The Service (BTS) akan tersedia di kota Bogor mulai Juni 2021. Pemerintah Kota Bogor menginginkan penerapan BTS ini sejak awal sudah menggunakan bus listrik.

Menanggapi keinginan Pemkot Bogor, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ), Polana B Pramesti, belum bisa memastikan penggunaan bus listrik untuk BTS di Bogor. Pemerintah sejauh ini belum mewajibkan bus listrik mengingat investasinya yang besar.

"Kita memang sudah membuat TOR atau spesifikasinya, tapi nanti tergantung dari pemainnya dalam hal ini peserta lelangnya apakah memang menggunakan bus listrik," kata Polana dalam webinar layanan Buy The Service pada Rabu (28/4/2021).

"Memang ada baiknya dimulai dengan bus listrik, tapi kami belum memaksa untuk tahun ini karena investasinya pasti besar," sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengatakan Pemkot Bogor konsisten dengan konsep green transportation atau sistem transportasi ramah lingkungan. Sehingga, kota Bogor ingin sejak awal menggunakan bus listrik dalam penerapan program BTS.

Kendati demikian, ia sadar bahwa penyediaan bus listrik ini akan memakan biaya yang besar. Oleh sebab itu, Pemkot Bogor saat ini sedang merinci berbagai persiapan.

"Ada konsekuensi dari penganggaran, tapi sekarang sedang kita otak-atik perencanaan pergeserannya. Kita ingin bus-bus pertama yang meluncur dalam skema Buy The Service ini sudah bus listrik, untuk kemudian yang berikutnya terus kita dorong bus listrik," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitra Potensial

Diungkapkannya, kota Bogor tengah melakukan pembahasan dengan beberapa mitra potensial agar bisa menghadirkan bus listrik dalam skema BTS pada tahun ini.

"Ini akan segera menjadi daya tarik untuk mengungkit program transportasi ini berjalan dengan baik," katanya.

Skema Buy The Service saat ini telah ada di lima kota yaitu Palembang, Surakarta, Medan, Yogyakarta dan Denpasar. BPTJ menghadirkan skema serupa di kota Bogor, yang menjadi percontohan pertama untuk di wilayah Jabodetabek.

Rencananya akan ada 75 bus BTS yang disediakan di kota Bogor, dan mulai beroperasi pada Juni 2021. Selama masa uji coba, penumpang tidak dikenakan biaya alias gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.