Sukses

Erick Thohir: Blok Rokan Jadi Sejarah Baru untuk RI

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengungkapkan kebahagiaannya atas kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir, mengungkapkan kebahagiaannya atas kembalinya Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi. Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021 dikelola oleh PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Rokan.

Negara harus menunggu selama 97 tahun untuk bisa mengambil hak kelola Blok Rokan, yang selama ini dikuasai Chevron asal Amerika Serikat (AS).

"Kita baru saja mengukir sejarah baru, wilayah kerja rokan sejak 9 Agustus 2021 resmi kembali ke pangkuan merah putih. Kini dikelola BUMN kebanggan kita, PT Pertamina Persero melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan," kat Erick Thohir dikutip dari Instagram resminya pada Rabu (11/8/2021).

Kehadiran Blok Rokan ini, kata Erick, sekaligus kado istimewa HUT Kemerdekaan ke-76 untuk seluruh rakyat Indonesia. Selain itu juga sebagai bentuk kontribusi nyata BUMN membangun ketahanan, kemandirian dan kedaulatan energi Indonesia.

Dijelaskannya, Wilayah Kerja Rokan adalah salah satu penghasil utama minyak nasional yang punya peran penting untuk memenuhi target produksi nasional. Juga merupakan komitmen investasi dengan jumlah pengeboran sumur terbesar di antara wilayah kerja migas lainnya di Indonesia.

"Saya juga sangat bangga lebih dari 98 persen tim Chevron bersedia untuk bergabung ke Pertamina Hulu Rokan, dan berkarya untuk Indonesia yang kita cintai sebagai perusahaan nasional berkelas dunia," tuturnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Penting Blok Rokan

Blok Rokan, menurut Erick, juga memiliki peran penting dalam memberikan manfaat lebih terhadap perekonomian nasional dan bagi masyarakat lokal di Siak dan Riau. Baik dalam bentuk tanggung jawab lingkungan dan sosial, penyerapan tenaga kerja serta serta pemberdayaan UMKM lokal.

"Harapan saya, Pertamina Hulu Rokan dapat melangkah ke depan dengan segenap energi untuk mengukir sejarah baru dan mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.