Sukses

Sandiaga Uno Beri Tips Sukses Pasca Ikut Program Kartu Prakerja

Poin yang dibagikan Sandiaga Uno disebut-sebut agar peserta kartu prakerja mampu berhasil setelah mengikuti berbagai pelatihan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno membagikan poin-poin penting yang perlu dimiliki peserta kartu prakerja setelah menjalani berbagai pelatihan.

Poin-poin ini disebut-sebut agar peserta kartu prakerja mampu berhasil setelah mengikuti berbagai pelatihan. Pandemi Covid-19 mendorong banyak orang untuk beralih profesi dari yang semula karyawan menjadi wirausahawan.

Menparekraf Sandiaga Uno menuturkan poin-poin penting yang harus dimiliki untuk bisa bersaing dengan wirausahawan lainnya di masa pandemi. Dimulai dengan mengisahkan perjalanan karirnya, Sandiaga mengingatkan peserta kartu Prakerja untuk memiliki inovasi. Informasi, Kartu Prakerja memberikan dampak positif bagi pertumbuhan kompetensi kerja pesertanya.

“Ini udah ada research, jadi poin pertama yang harus dimiliki itu ya Inovasi. Menghadirkan hal baru yang unik, yang punya daya tarik, dan berbeda dari yang lain,” katanya dalam webinar Tangguh dan Tumbuh Meraih Mimpi, Temukan Potensi Diri, secara virtual, Minggu (15/8/2021).

Sandiaga menuturkan Inovasi jadi salah satu kunci sukses untuk bersaing. Dengan demikian, orang lain akan melihat hal unik yang disajikan dan tertarik terhadap produk yang ditawarkan.

Selanjutnya, ada keberanian mengambil risiko. Pada hal ini, Sandiaga mengingatkan kemampuan untuk mengambil risiko dalam perjalanan membangun usaha. Ia mengisahkan, orang-orang sukses bukanlah yang sukses 100 persen.

“Mereka adalah orang-orang yang mampu mengatasi kegalauannya dan ketakutannya dengan calculated risk, menghitung risiko yang dihadapi dan melewatinya,” katanya.

 

2 dari 2 halaman

Kemampuan Adaptif

Selanjutnya ia menilai kemampuan adaptif juga perlu dimiliki untuk menyesuaikan permintaan atau kondisi saat ini dengan berbagai syarat yang dibutuhkan.

Kemampuan adaptasi dengan lingkungan dan keadaan disebut-sebut mampu mendorong kemampuan usaha untuk bertahan dan berkembang di masa pandemi.

Serta, kemampuan untuk up-skilling dan re-skilling, yakni meningkatkan kemampuan atau mempelajari ulang kemampuan yang dimiliki.

Hal ini kata Sandiaga, mudah didapatkan ketika mengikuti program Prakerja. Banyak pelatihan mengenai kemampuan-kemampuan yang bermanfaat untuk membantu mendorong berwirausaha.

“Saya juga berpesan untuk pegang etos kerja 4-as, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Sekarang (peserta pra-kerja) harus bersyukur ada program prakerja. Dulu gak dipikirin, sekarang paling tidak ada sedikit penyangga untuk up-skilling dan re-skilling,” katanya.

Lebih lanjut Sandiaga menekankan, angkatan kerja yang masih muda perlu memiliki integritas. Poin-poin penting yang di sampaikannya tersebut akan bermuara ke integritas.

“Jadi, kalau diperas lebih jauh lagi, itu akan memunculkan kata integritas, intelektualitas, dan energy atau passion. Ini yang jadi hal penting untuk dimiliki pasca mengikutip pelatihan program Prakerja,” tutup Sandiaga.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Sandiaga Uno adalah pengusaha yang kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Sandiaga Uno

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja