Sukses

PT SMI Jadi Katalis Percepatan Pembangunan Infrastruktur Nasional

Misi PT SMI dalam pembangunan infrastruktur nasional yaitu menjadi mitra strategis yang memberikan nilai tambah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Meirijal Nur mengatakan, peran PT SMI sebagai fiscal tools dalam pembangunan Tol Trans Sumatera sangat penting. Lantaran SMI menjadi katalis dalam percepatan pembangunan infrastruktur nasional.

“PT SMI fiskal tools pemerintah menjadi katalis dalam percepatan infrastruktur nasional yang cukup penting, PT SMI tidak lepas perannya dari itu, oleh karena itu peranan PT SMI sebagai fiskal tools menjadi penting dalam pembangunan tol Trans Sumatera ini,” kata Meirijal dalam Bincang Bareng DJKN “Manfaat Sosial dan Ekonomi Pembangunan Tol Trans Sumatera”, Jumat (20/8/2021).

Dia menjelaskan bahwa Pemerintah telah melakukan perluasan mandate PT SMI untuk mendukung pelaksanaan program strategis pemerintah dan pemulihan ekonomi nasional.

Adapun misi PT SMI dalam pembangunan infrastruktur nasional yaitu menjadi mitra strategis yang memberikan nilai tambah dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia, menciptakan produk pembiayaan yang fleksibel, dan menyediakan pelayanan berkualitas dengan tata kelola yang baik.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Trans Sumatera

Dalam paparannya, Meirijal juga membahas terkait dukungan Pemerintah terhadap pembangunan tol trans Sumatera, yaitu melalui PMN kepada PT Hutama Karya selama tahun 2015-2020, lalu dukungan konstruksi, pembebasan lahan, sekuritisasi aset, dan penjaminan.

“Berbagai bentuk dukungan pemerintah yang sudah diberikan untuk pembangunan tol trans Sumatera ini adalah dalam bentuk PMN Hutama karya, konstruksi belanja K/L dalam hal ini Kementerian PUPR, dan pembebasan lahan,” ujarnya.

Demikian, pihaknya optimis bahwa pembangunan tol trans Sumatera ini bisa meningkatkan konektivitas, mempersingkat waktu tempuh, menumbuhkan sentra-sentra industri di kawasan sepanjang tol trans Sumatera, menurunkan logistic cost, dan tentunya bisa menyerap tenaga kerja.

“Secara ringkas manfaat tol sumatera tentu saja menyambungkan sentra-sentra perekonomian yang ada di Sumatera, sehingga bisa meningkatkan arus barang, berbagai kegiatan perekonomian menjadi lebih mudah, tol sumatera ini diharapkan ada pertumbuhan sentra-sentra industri di kawasan di sepanjang tol sumatera,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.