Sukses

Ngetwit Kini Bisa Dapat Duit, Syaratnya Punya 10 Ribu Pengikut

Super Follows jadi fitur baru di Twitter agar Anda bisa dapatkan uang melalui cuitan yang diunggah ke media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Twitter meluncurkan fitur baru, bernama Super Follows. Ini memberikan pengguna fasilitas khusus untuk meminta orang lain mengakses konten khusus pelanggan.

Peluncuran fitur Super Follows ini kemungkinan akan menjadi yang populer di kalangan pengguna media sosial karena memberikan penghasilan dari pengikut mereka. Hanya saja akses dari Super Follows terbatas.

Lalu, bagaimana bisa mendapatkan duit dari fitur baru Twitter ini?. Melansir dari CNBC, Kamis (2/9/2021), berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengajukan syarat dan permohonan akses ke Super Follows.

Langkah Permohonan Akses

Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi, dan mungkin tidak semua orang memenuhi syarat ini. Yuk, simak apa saja persyaratannya.

  1. Miliki setidaknya 10 ribu pengikut (jika Anda belum mencapai jumlah tersebut, Anda harus mengunggah cuitan secara gratis).
  2. Telah mengunggah cuitan setidaknya 25 kali selama 30 hari terakhir (hal ini mungkin tidak cocok bagi Anda yang tidak membuat secara rutin).
  3. Berdomisili di Amerika Serikat.
  4. Berusia minimal 18 tahun

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah memiliki kualifikasi yang memenuhi syarat di atas, pengajuan syarat untuk meminta akses ke Super Follows tentunya akan lebih mudah. Inilah hal yang dapat dilakukan.

  1. Buka aplikasi Twitter.
  2. Geser layar ke kanan untuk membuka menu.
  3. Pada bagian bawah akan terdapat menu ‘Monetisasi’, lalu klik.
  4. Klik menu ‘Super Follows’.
  5. Nantinya, Anda akan diarahkan pada halaman cara kerja dari Super Follows serta berapa banyak yang akan Anda terima melalui monetisasi akun yang telah dilakukan.

Misalnya, jika Anda mematok harga Super Follows seharga Rp 71 ribu (USD 4,99) per bulan, dan 2 persen dari pengikut Anda berlangganan, uang yang didapatkan dalam sebulan adalah USD 900 atau Rp 12,8 juta dari Twitter.

Perhitungan di atas hanya berdasarkan spekulasi dari persyaratan dan cara kerja yang telah diberikan Twitter saja. 

Kemudian, pilih ‘Check Eligibility’ di bagian bawah layar. Anda akan dibawa ke layar yang menunjukkan apakah Anda memenuhi syarat tersebut. Setelah itu, Anda baru dapat mengetuk layar ‘Apply’.

Twitter akan melakukan verifikasi kembali apakah Anda benar-benar berusia 18 tahun atau lebih, lalu meminta melengkapi profil dengan mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk menambah proteksi akun Anda.

Tahap terakhir, aplikasi akan meminta penjelasan Anda mengenai tujuan menggunakan Super Follows. Pendaftar harus mengisi kolom ‘Tentang Anda’ mengenai diri sendiri dan mencantumkan jenis kelamin dan etnis.

 

 

3 dari 3 halaman

Waktu Permohonan

Waktu pengajuan yang diberikan tidak memiliki tenggat waktu dalam pengumumannya. Twitter mengatakan bahwa pengguna yang mengajukan Super Follows akan bergabung dalam daftar tunggu (waiting list).

Setelah permohonan tersebut sudah mendapatkan respons, Anda dapat menetapkan tweet Anda sebagai pengikut biasa atau ingin ikut berlangganan. Kemudian, bagi pengikut, mereka dapat mendaftar dengan mengklik ikon ungu dengan manusia dan bintang di sebelah tombol ‘Follow” profil Anda.

Hal tersebut diharapkan ke depannya, pengguna Twitter dapat turut mendapatkan uang atau penghasilan melalui cuitan yang diunggah.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.