Sukses

BERANI BERUBAH: Mantan Koki Membangun Rezeki dari Nasi Kebuli

Albert Mardiyanto Robot membuka usaha nasi kebuli setelah dia berhenti dari pekerjaannya sebagai koki di salah satu hotel di Jakarta akibat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak tantangan ekonomi bagi masyarakat dunia. Salah satu yang merasakannya adalah Albert Mardiyanto Robot.

Dia memutuskan berhenti dari profesinya sebagai koki di salah satu hotel di Jakarta akibat kondisi pandemi yang tak kunjung membaik.

Robot tahu dia harus memutar otak bila ingin tetap berpenghasilan. Akhirnya, pada bulan Agustus 2021 dia memilih usaha nasi kebuli sebagai sumber penghasilan barunya.

“Jadi nasi kebuli itu identik dengan hidangan mahal. Nah saya tuh mau gimana caranya makanan-makanan yang biasanya dinikmatin kalangan tertentu bisa di nikmati oleh semua kalangan,” ungkap Robot kepada Tim Berani Berubah.

“Untuk saat ini rata-rata sudah sekitar 250 porsi (terjual). Rata-rata. Kalau target saya sih sebenarnya cuma hanya sekitar di angka 100 sampai 150 porsi,” sambung dia.

Pengalaman Robot sebagai koki membuat nasi kebuli masakannya memiliki cita rasa yang khas. Dan tidak hanya enak, namun juga ramah di kantong. Karenanya, dalam waktu singkat dia pun sudah memiliki banyak pelanggan setia.

Selain itu, usaha Robot ini juga membuatnya bisa membuka lapangan kerja. Tiga orang karyawan yang ada di bawah naungannya adalah mereka yang dulunya terkena imbas pandemi.

“Saya juga memberi peluang pada karyawan saya. Kalau mereka mau bermitra dengan saya silahkan. Mereka mau buka dengan nasi kebuli ini silahkan dengan nama saya, tanpa dipungut bayaran pertama sepeserpun,” tutur dia.

“Jadi saya mau mencoba seperti brainstorm ke mereka. Jangan jadi karyawan terus. Ayo bangun usaha, yang jaga di sana orang lain, mereka tetap kerja ke saya,” lanjut Robot.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Membuka Franchise

Robot mengaku dia masih punya mimpi lainnya untuk dikejar dalam usaha nasi kebulinya. Kedepannya, dia ingin membuka franchise guna membantu orang lain dalam membuat usaha, terutama di masa pandemi ini.

“Kedepannya kita akan membuka franchise. Nanti saya juga mempunyai program. Saya mau coba cari lima orang untuk diajak bermitra. Biasanya franchise itu identik dengan mahal. Nah untuk lima orang tersebut nanti kita ajak mereka free of charge untuk di awal,” jelas Robot.

“Saya berharap, untuk di usaha nasi kebuli saya dan usaha nanti yang lain yang akan saya jalankan, itu saya berharap untuk bisa membantu orang-orang yang terkena imbas pandemi,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.