Sukses

Peserta Tes SKD CPNS 2021 Diingatkan Hati-hati Penipuan dan Calo

Ditemukan beberapa isu atau informasi yang keliru terkait proses pelaksanaan tes SKD CPNS 2021 di beberapa wilayah.

Liputan6.com, Jakarta Peserta tes SKD CPNS 2021 dan PPPK diingatkan kembali agar berhati-hati akan adanya upaya penipuan dan calo yang kerap muncul saat seleksi CASN.

Ini diungkapkan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Dwi Wahyu Atmaji saat meninjau pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD bagi calon pegawai negeri sipil di Tilok Kanreg 1 BKN Yogyakarta, Senin (6/9/2021).

Kepada masyarakat kami menghimbau agar jangan percaya kepada siapapun yang mengaku bisa membantu untuk diterima sebagai CPNS,” jelas dia melansir akun resmi Instagram milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) di @bkngoidofficial.

Turut menemani dalam pemantauan, Kepala Kantor Regional 1 BKN Yogyakarta Anjaswari Dewi. Saat berlangsungnya pelaksanaan tes tersebut, Dwi Wahyu menegaskan pelaksanaan seleksi CASN atau CPNS 2021 di situasi pandemi COVID-19 perlu menerapkan protokol dengan ketat.

Dia mengingatkan jika ada yang menawarkan bantuan dengan imbalan uang, hal tersebut sudah jelas merupakan penipuan.

Sikap waspada harus diterapkan mengingat fenomena tersebut kerap terjadi menjelang masa rekrutmen CPNS.

Saat ini, jumlah peserta yang hadir dan mendaftar di Yogyakarta sebanyak 182 orang. Tak hanya menyelenggarakan ujian untuk Kementerian PANRB saja, agenda untuk masuk Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi pun dilaksanakan di hari yang sama.

Mengingat padatnya jadwal dan antusias dari para pendaftar, telah ditemukan beberapa isu atau informasi yang keliru terkait proses pelaksanaan tes SKD CPNS 2021 sebagai CPNS di beberapa wilayah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Himbauan Pelaksanaan Tes CPNS

Akun resmi Instagram BKN mengunggah video singkat mengenai klarifikasi dari kekeliruan informasi yang beredar dari mulut ke mulut hingga melalui media sosial.

Himbauan bertajuk ‘BKN Profesional Berintegritas’ ingin mengingatkan kepada setiap pendaftar atau CPNS untuk lebih waspada.

Klarifikasi yang diberikan antara lain pelaksanaan ujian tidak dapat menggunakan joki/calo, seleksi CASN tidak bisa memakai orang dalam, serta pelaksanaan tes tidak dapat dimanipulasi.

 

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.