Sukses

Tiga Ekonom AS Raih Nobel Ekonomi 2021

Tiga ekonom di universitas ternama Amerika Serikat, telah dianugerahi Penghargaan Nobel di bidang ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga ekonom di universitas ternama Amerika Serikat, yaitu David Card, Joshua D. Angrist dan Guido W. Imbens telah dianugerahi Penghargaan Nobel di bidang ekonomi.

Mengutip CNBC, Senin (11/10/2021) Card diakui atas kontribusinya terhadap ekonomi tenaga kerja. Sementara Angrist dan Imbens memenangkan penghargaan atas kontribusi mereka pada analisis hubungan sebab akibat.

Penghargaan tersebut — Penghargaan Sveriges Riksbank dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel — hadir dengan hadiah uang tunai 10 juta krona Swedia (atau USD 1,1 juta) dan medali emas.

Card (65), merupakan seorang profesor ekonomi di University of Berkeley, California dan Angrist (61), adalah seorang profesor ekonomi Ford di Massachusetts Institute of Technology, dan Imbens (58) adalah profesor ekonomi di Stanford Graduate School of Business.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi dalam Memberikan Wawasan Baru

Institut Nobel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ketiga pemenang tersebut telah "memberi kami wawasan baru tentang pasar tenaga kerja dan menunjukkan kesimpulan tentang sebab dan akibat yang dapat ditarik dari eksperimen alami."

Pada 2020 lalu, ekonom di Universitas Stanford yakni Paul R. Milgrom dan Robert B. Wilson dianugerahi penghargaan untuk "peningkatan teori lelang dan penemuan format lelang baru".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.