Sukses

Intip Nama Baru Tol Cisumdawu Usulan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan perubahan terhadap nama dari Jalan Tol Cisumdawu.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan perubahan nama dari Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Usulan nama baru Jalan Tol Cisumdawu itu disampaikan dalam acara peresmian pengoperasian Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer pada Senin (24/1/2022).

"Jalan Tol Cisumdawu sangat mendapatkan aspirasi dari masyarakat Jawa Barat, diharapkan nantinya dapat dipertimbangkan nama Jalan Tol nya menjadi Jalan Tol Ali Sadikin sebagai tokoh Jawa Barat yang luar biasa, semoga mendapatkan pertimbangan dari bapak Menteri PUPR," kata Ridwan Kamil, dikutip dari website resmi BPJT Kementerian PUPR, Selasa (25/1/2022).

Diketahui bahwa jalan tol ini dioperasikan mulai Selasa ini (25/1) pukul 06.00 pagi. Tarif tol masih gratis selama 2 pekan selama masa sosialisasi kepada masyarakat.

"Kita tunggu masukan dari masyarakat untuk kurang lebihnya dari tol yang baru dioperasikan ini, sehingga kita mengetahui apa yang harus di sempurnakan untuk kualitas yang lebih baik," ujar Gubernur yang kerap disapa Kang Emil tersebut.

Jika nanti tidak ada halangan, kata Ridwan Kamil, seluruh ruas tol Cisumdawu yang terdiri dari 6 Seksi akan selesai konstruksinya dan akan terkoneksi sampai Jalan Tol Cipali.

"Dari Tol Cipali ke Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati juga sudah selesai, sehingga pada pertengahan tahun 2022 masyarakat sudah bisa ke bandara secara langsung kurang lebih dengan waktu 40 menit lewat tol Cisumdawu, sambil menunggu waktu persiapan Bandara Kertajati yang diaktivasikan secara optimal sehingga ini yang kita tunggu tunggu," terangnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Terima Kasih dari Masyarakat

Ridwan Kamil pun menyampaikan ucapan terima kasih dari masyarakat kepada Presiden RI Joko Widodo dan Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono beserta jajaran dalam memberikan dukungan infrastruktur jalan yang istimewa seperti Jalan Tol Cisumdawu ini.

"Ini juga menjadi komitmen presiden Jokowi di Jawa Barat karena terdapat 6 sampai 7 Jalan Tol yang sedang konstruksi dan akan dibangun salah satunya yakni Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap yang telah ditetapkan hasil lelangnya," tutupna.

Adapun sambutan dari Kepala BPJT Danang Parikesit, yang menyampaikan bahwa Jalan Tol Cisumdawu merupakan salah satu Jalan Tol terindah di Indonesia.

Baiknya, kita juga tetap mengutamakan keselamatan jalan, kekuatan konstruksi, dan selanjutnya masyarakat dapat memanfaatkan Jalan Tol ini sebaik-baiknya, lanjut dia.

"Jalan Tol ini diharapkan juga semakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memberikan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi di Jawa Barat," ujar Danang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.