Sukses

Suku Bunga The Fed Siap-Siap Naik, Bank Indonesia Kapan?

Bank sentral di seluruh dunia tengah bersiap menghadapi normalisasi kebijakan The Federal Reserve Amerika Serikat (AS) berupa kenaikan suku bunga Fed Funds Rate.

Liputan6.com, Jakarta Bank sentral di seluruh dunia tengah bersiap menghadapi normalisasi kebijakan The Federal Reserve Amerika Serikat (AS) berupa kenaikan suku bunga Fed Funds Rate. Begitu pun Bank Indonesia (BI), yang perlu mengkalibrasi bauran kebijakannya.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengemukakan, setidaknya ada lima kebijakan yang perlu dikalibrasi, yakni kebijakan moneter, makro prudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar, dan inklusi ekonomi/keuangan.

"Kebijakan moneter akan pro stability, empat kebijakan lain tetap pro growth," imbuh Perry dalam side event Presidensi G20 Indonesia, Kamis (17/2/2022).

Dalam proses normalisasi kebijakan moneter, khususnya stabilisasi nilai tukar rupiah, Bank Indonesia bakal berkoordinasi erat dengan Kementerian Keuangan agar kenaikan US treasury yield dampaknya tetap mendukung stabilitas sistem keuangan Indonesia.

"Tentu saja menjaga perbedaan yield antara SBN dengan US treasury, dan juga tetap menjaga stabilitas nilai tukar," tegas Perry.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Likuiditas

Secara bertahap, Bank Indonesia juga akan mengurangi likuiditas setelah melakukan quantitative easing yang sangat besar, 5,6 persen PDB dalam 2 tahun terakhir.

"Kami sudah akan memulai menaikan giro wajib minimum secara bertahap pada Maret, Juni, dan September ini. Kembali seperti sebelum covid, tapi dengan tetap memastikan bank mampu menyalurkan kredit dan juga membeli SBN," ungkapnya.

"Likuiditas perbankan masih sangat longgar, dan suku bunga BI rate 3,5 persen tetap akan kami jaga rendah sampai dengan ada tanda-tanda kenaikan inflasi secara fundamental," ujar Perry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.