Sukses

Di KTT G20, Jokowi Bakal Pamerkan Ekosistem Kendaran Listrik Indonesia

Jokowi menerangkan, kendaraan listrik bagian dari desain transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging di Central Parking Nusa Dua. Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). SPKLU dipersiapkan untuk mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirrohim SPKLU Ultra Fast Charging mobil listrik pagi hari ini saya resmikan," kata Presiden Jokowi di Bali.

Jokowi menerangkan, Ultra Fast Charging memiliki beberapa keunggulan antara lain pengisian daya sangat cepat hanya memerlukan waktu kurang dari 20 menit untuk 1 kendaraan.

Tak hanya itu, kata Jokowi distribusi beban juga dinamis sehingga mempercepat pengisian daya sebuah mobil listrik apabila diisi secara bersamaan.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi PT PLN Persero yang telah menyiapkan 60 stasiun SPKLU Ultra Fast Charging dan 150 fasilitas home charging yang akan digunakan untuk delegasi KTT G20.

"SPKLU Ultra Fast Charging pertama di Indonesia. Saya tunjukkan kepada dunia bahwa ekosistem kendaran listrik di Indonesia tengah tumbuh dan berkembang cepat," ujar Jokowi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Desain Transisi Snergi

Lebih lanjut, Jokowi menerangkan, kendaraan listrik bagian dari desain transisi energi dari energi fosil ke energi baru terbarukan. Tak dipungkiri, ketergantungan terhadap energi fosil masih tinggi dan membebani APBN.

"Sampai saat ini penggolahan BBM kita tau eemuanya masih import membebani defisit membenani APBN kita. kondisi ini tidak boleh kita biarkan dan harus mencari cara agar mewujudkan kemandirian energi," ucap dia.

Karenaa itu, Presidensi G20 merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Indonesia untuk menunjukan berbagai komitmen terhadap pengurangan emisi CO2 melalui penggunaan mobil selama kegiatan KTT G20.

Jokowi menambahkan, sekaligus sebagai showcase bahwa Indonesia menjadi negara terdepan dalam pengembangan kendaraan listrik.

"Itu semuanya harus kita sampaikan mulai dari hulu industri baterai dan industri komponen lainnya sampai di hilir pada penyiapan SPKLU dan home charging," tandas dia.

  • KTT G20 adalah kependekan dari Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty.

    KTT G20

  • G20 disebut juga Group of Twenty.

    G20

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • SPKLU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum.

    SPKLU