Sukses

Erick Thohir Ingin BUMN Lain Contoh PT Timah

PT Timah memanfaatkan salah satu lahan miliknya di Bangka untuk dijadikan sebagai wadah pembentukan karakter SDM.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan sejumlah perusahaan pelat merah mencontoh langkah PT Timah Tbk. Ini menyangkut langkah transformasi BUMN yang jadi perhatiannya.

Sebagai bagian dari holding BUMN pertambangan atau MIND ID, PT Timah memanfaatkan salah satu lahan miliknya di Bangka untuk dijadikan sebagai wadah pembentukan karakter sumber daya manusia (SDM).

Erick memandang, langkah ini perlu jadi contoh untuk dilakukan oleh perusahaan pelat merah lainnya.

Informasi PT Timah melakukan reaktivasi Bangka Island Outdoor (BIO) untuk kegiatan pengembangan human capital.

Selain itu, juga mendorong upaya internalisasi core values Akhlak yang dibawa Erick. Diantaranya, Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Program yang diinisiasi MIND ID ini dapat jadi contoh sukses jadi contoh sustainability terintegrasi dan transformasi nilai melalui internalisasi akhlak,” kata dia dalam sambutan virtualnya, Selasa (29/3/2022).

Disamping itu, ia juga mengapresiasi langkah anggota MIND ID ini dalam melakukan reklamasi kawasan pasca tambang. Yang dimaksud adalah wilayah Air Jangkang di Bangka.

“Saya turut mengapresiasi komitmen grup mind ID ini yang telah berhasil melakukan reklamasi pasca tambang di wilayah Air Jangkang bekas tambang timah dikembangkan menjadi kawasan eco tourism sekaligus fasilitas konservasi keanekaragaman hayati,” katanya.

Lagi-lagi, Erick menyebut ini jadi salah satu bukti nyata Kementerian BUMN menyangkut pilar utama Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Yakni, dalam mendukung keanekaragaman hayati dan peningkatan ekonomi kerakyatan dalam konsep reklamasi pasca tambang terintegrasi.

“Tentu semoga ini menjadi contoh dan dapat diteruskan oleh anggota MIND ID holding lainnya dan juga oleh BUMN-BUMN lainnya,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Transformasi BUMN

Pada kesempatan itu, Erick juga menyebut transformasi human capital atau SDM menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari transformasi BUMN yang dilakukannya.

“Untuk menjalankan hal tersebut, Kementerian BUMN senantiasa mendorong perusahaan bumn termasuk MiND ID melakukan transformasi human capital guna mewujudkan insan BUMN yang unggul, berakhlak, dan adaptif terhadap perubahan,” katanya.

“Kementerian BUMN juga mendorong implementasi program sustainability yang bisa membumikan roadmap reklamasi terintegrasi ayng memberikan kemaslahatan dan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sekitarnya,” imbuh dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.