Sukses

Erick Thohir: 31 Persen Milenial di Indonesia Belum Miliki Rumah

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kaum muda milenial akan jadi penopang ekonomi, namun sebagian diantaranya belum memiliki hunian.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut kaum muda milenial akan jadi penopang ekonomi. Namun, sebagian diantaranya belum memiliki hunian.

Menyoal ini, kata dia, berkaitan dengan potensi bonus demografi yang didominasi oleh kaum muda milenial beberapa tahun kedepan.

"Menurut data 31 persen milenial di Indonesia belum memiliki rumah," katanya mengutip akin Instagram @erickthohir, Senin (4/4/2022).

"Padahal generasi milenial akan menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia dengan adanya bonus demografi," terangnya.

Guna menjawab persoalan ini, Erick membawa solusi. Salah satunya melalui kolaborasi antar perusahaan pelat merah.

"Kami berinisiatif untuk membantu menyediakan hunian yang mudah diakses dari pusat kota dengan transportasi publik, dengan harga terjangkau bagi generasi milenial," katanya.

Ia menyebut, melalui hunian yang disediakannya ini mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

"Hunian seperti ini, dapat membantu kami mewujudkan pemerataan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, BUMN perlu menyiapkan one stop solution untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi milenial dan Gen Z. Hal ini setelah melihat bahwa sebagian besar milenial dan Gen Z membutuhkan layanan tersebut.

Erick menjelaskan, jumlah Gen Z mencapai 53 persen dari total penduduk saat ini. Semua saat ini harus menghadapi disrupsi teknologi, lapangan pekerjaan berubah, kesempatan berusaha berubah. Hal yang saja juga dialami oleh milenial. Namun memang milenial lebih bisa beradabtasi.

"Pemerintah harus dan pasti hadir agar Gen Z mendapat fasilitas terbaik tidak hanya bagi pekerjaannya tapi juga rumah tinggal sebagai kebutuhannya," kata Erick saat acara Pencanangan Penyediaan Pembiayaan dan Hunian Milenial di Depok, Jawa Barat, dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (3/4/2022).

Erick mendorong sinergisitas BTN, Perumnas, KAI, BUMN Karya bahkan PLN dan Telkom untuk memberikan one stop solution kepada Gen Z, untuk mendapatkan kemudahan tidak hanya untuk perumahan tapi juga dalam melakukan pekerjaan.

"Solusi yang ditawarkan ini bagaimana kita mensinergikan tanah yang disediakan oleh PT Kereta Api, Perumnas yang membangun dibantu oleh BUMN Karya, BTN yang memberikan financing dibantu oleh Jasa Keuangan, PLN dan Telkom bersinergi memberikan solusi yang terbaik," kata Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.