Sukses

One Way Jalan Tol Diberlakukan, Polisi Jabar Buka Tutup Rest Area

Menurut Wakil Kepala Polisi Jawa Barat Bariza Sulfi, para pengguna jalan tol dibatasi 30 menit keberadaannya di rest area.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Barat menyatakan akan memberlakukan sistem buka tutup sejumlah tempat istirahat (rest area) di jalan tol saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas satu arah (one way) pemudik Lebaran 2022.

Menurut Wakil Kepala Polisi Jawa Barat Bariza Sulfi, para pengguna jalan tol dibatasi 30 menit keberadaannya di rest area.

"Nah mulai dari jam 15.00 WIB kita sudah woro - woro, nanti jam 17.00 WIB kan one way. Yang bener - bener mau ke Jakarta sekarang jangan leha - leha di rest area. Nanti kalau dia leha - leha dia harus keluar ke jalur alternatif, kan kasian," ujar Bariza ditulis Bandung, Kamis, 28 April 2022.

Bariza menjelaskan pemudik dari arah Jawa Tengah diimbau tak berlama-lama di rest area. Mereka diberikan waktu maksimal 30 menit singgah di rest area sebelum one way diberlakukan.

Sejumlah rest area yang akan dilakukan buka tutup yaitu di sepanjang KM 57, KM 102, KM 130, KM 160, KM 207, dan KM 228.

"Misalnya kapasitasnya 500 jadi 450 kapasitas. Selain itu, maksimal 30 menit berbuka dan solat. Ini penting karena titik kepadatan pada saat buka puasa, di luar itu saya yakin lancar," kata Bariza.

Rekayasa lalu lintas di jalan tol ucap Bariza, dimulai pada tanggal 28 April 2022 mulai pukul 17.00-24.00 WIB. Kemudian pada tanggal 29, 30 April dan 1 Mei mulai pukul 07.00-24.00 WIB.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 2 halaman

Saat Buka Puasa Rest Area Diserbu Pemudik

Bariza menyebutkan adanya pemberlakuan tersebut perlu ada koordinasi untuk mengantisipasi dampak dialihkannya jalur Jawa Tengah menuju Jakarta via jalan arteri atau alternatif.

"Secara fisik ada Pos PAM yang diisi oleh stakeholder seperti Dishub, Dinkes, TNI, Pramuka yang bisa bantu kelengkapan di pos mohon bersiaga pada saat dibutuhkan," ungkap Bariza.

Alasannya, saat one way dari Jakarta ke Jawa Tengah adalah pada saat buka puasa nanti rest area diserbu pemudik.

Sebelumnya, Korlantas Mabes Polri memastikan memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk menjaga kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Di antaranya kebijakan satu arah di jalan tol akan berlaku mulai KM 47 tol Jakarta Cikampek sampai KM 447 Tol Kali Kangkung.

Nantinya, Jalur B yang biasanya digunakan untuk kendaraan ke Jakarta pada jalur Jakarta - Cikampek akan dimanfaatkan untuk menuju ke arah Jawa Tengah dan sekitarnya.