Sukses

Publik Ikut Jawab Tantangan Industri Tambang di Acara Lomba Inovasi MIND ID

Startup, akademisi, komunitas litbang, dan karyawan pertambangan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menghadiri acara lomba inovasi industri pertambangan bertajuk BIGMIND Innovation Award 2022.

Liputan6.com, Jakarta Startup, akademisi, komunitas litbang, dan karyawan pertambangan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menghadiri acara lomba inovasi industri pertambangan bertajuk BIGMIND Innovation Award 2022. Kehadiran mereka untuk menjawab tantangan dan dinamika industri pertambangan yang dikenal memiliki kompleksitas tinggi.

"Kami mengharapkan ada ide-ide baru yang fresh sehingga bisa mendukung proses bisnis dan operasi Grup MIND ID agar lebih optimal," tutur Danny Praditya, Direktur Operasi dan Portofolio MIND ID saat peluncuran program di Universitas Indonesia pada Jumat (13/5).

Menurut Danny dunia pertambangan juga ikut terkena disrupsi di era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity). Perusahaan harus terus menumbuhkan budaya inovasi agar lebih efisien, proses bisnis optimal dan ramah lingkungan.

"Bisnis industri pertambangan menyumbang timbulan emisi yang cukup signifikan di kegiatan operasional sehingga perlu teknologi atau proses bisnis yang menghasilkan emisi lebih rendah. Kami akan kenalkan calon peserta dengan dunia pertambangan sehingga mereka bisa memilih kontribusi bidang apa yang dipilih," tambahnya.

Danny menyatakan calon peserta akan melihat banyak peluang yang bisa diambil untuk memenangkan kompetisi. Implementasi inovasi digital bisa dilakukan di proses bisnis dan operasi Grup MIND ID mulai dari eksplorasi, pertambangan, hingga pengolahan mineral, metal dan batubara.

Danny memberi contoh pemenang kompetisi inovasi tahun lalu yang mengembangkan aplikasi pengolahan limbah pertambangan.

"Salah satu pemenang kompetisi tahun 2021 telah mengembangkan aplikasi digital yang mampu meningkatkan efektivitas pemantauan pengolahan limbah pertambangan. Saat ini telah masuk pada sesi uji coba di Bukit Asam," katanya.

"Bagi MIND ID, setiap komoditas yang dikelola harus ada nilai tambahnya, ini menjadi peluang bagi inovator yang ikut kompetisi ini. Peserta diundang untuk menggunakan idealisme, kreatifitas dan idenya seluas mungkin, nanti tinggal bagaimana mem-balance kreativitas itu dengan kebutuhan industri," tambah Danny.

BIGMIND Innovation Award 2022 merupakan kompetisi inovasi yang diadakan MIND ID dan PT Bukit Asam Tbk dengan tiga kategori utama yaitu Continuous Improvement, New Revenue Stream, dan Greenovator dengan dua sub-kategori yakni konseptual dan implementasi.

Peserta dapat memilih tujuh ruang lingkup topik yakni Proses Bisnis, Digitalisasi, Eksplorasi, Pertambangan, Proses Industri (Pegolahan & Pemurnian), CCUS dan Dekarbonisasi berhadiah ratusan juta rupiah.

Pendaftaran ide dan inovasi kategori Continuous Improvement dan New Revenue Stream melalui www.big.mind.id. Sedangkan kategori Greenovator (CCUS dan Dekarbonisasi) melalui www.greenovator.ptba.co.id.

Rangkaian roadshow dilakukan secara offline dan online (Hybrid) yaitu:

  • Jakarta 13 Mei 2022 (hybrid)-Topik Proses Bisnis dan Digitalisasi
  • Webinar 20 Mei 2022-Eksplorasi dan Digitalisasi
  • Medan 27 Mei 2022-CCUS, Carbon Reduction dan Proses Industri
  • Webinar 3 Juni 2022-Proses Industri dan Digitalisasi
  • Palembang 10 Mei 2022-Proses Bisnis dan Pertambangan
  • Makassar 24 Juni 2022-Eksplorasi dan Pertambangan

Roadshow BIGMIND Innovation Award 2022 menghadirkan praktisi, expert, dan pelaku usaha yang akan memberikan informasi seputar industri pertambangan Indonesia.

MIND ID optimis perkembangan teknologi digital akan memperkuat tata kelola operasional yang baik dan meningkatkan pertumbuhan industri pertambangan yang berkelanjutan.

"Inovasi ini jadi salah satu budaya di Grup MIND ID yang mendukung kinerja perusahaan dan sejalan dengan budaya AKHLAK BUMN," kata Danny.

 

(*)

Â