Sukses

Fakta Penemuan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil di Bendungan Engehalde Swiss

Berikut sederet fakta tentang ditemukannya jenazah Eril anak Ridwan Kamil, yang hilang di Sungai Aare Swiss pada 26 Mei 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Swiss akhirnya menemukan jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yakni Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang di Sungai Aare pada 26 Mei 2022.

Polisi Swiss menemukan jenazah anak Ridwan Kamil yang kerap disapa Eril tersebut di Bendungan Engehalde di Bern.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare Pada Rabu (8/6) pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Jumat (10/6/2022).

"Almarhum merupakan WNI yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022," lanjut keterangan itu.

Berikut sederet fakta tentang ditemukannya jenazah Eril anak Ridwan Kamil, yang dirangkum dari berbagai sumber :  

Ditemukan di Bendungan Engehalde

Pada Rabu (8/6/2022), sesaat sebelum pukul 06.50 waktu setempat, polisi wilayah Bern melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern.

Spesialis  dari polisi maritim dari polisi cantonal Bern menemukan jenazah di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya. Namun dipastikan bahwa Eril anak Ridwan Kamil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Jenazah Eril teridentifikasi melalui pencocokan DNA

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengungkapkan, kepolisian melakukan identifikasi melalui pencocokan DNA terhadap jenazah. Hasilnya, jenazah itu dikonfirmasi sebagai Eril.

"Forensik kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA, untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut benar, adalah ananda Eril. Kamis siang pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jenazah yang ditemukan kemarin ananda Emmeril Kahn Mumtadz," kata Dubes Muliaman dalam konferensi pers virtual pada Kamis (9/6), dikutip Jumat (10/6/2022).

Adapun ibunda Eril, yakni Atalia Praratya yang juga mengkonfirmasi melalui unggahan Instagram Story bahwa pria yang ditemukan oleh polisi maritim di sana memang adalah Eril, putranya yang telah hilang sejak 26 Mei 2022 lalu di Sungai Aare.

"Alhamdulillah Allahu Akbar!" tulis sang ibunda.

"DNA sdh dinyatakan sama dengan saya...," tambahnya.

"Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn...," tutupnya.

KBRI Bern akan fasilitasi kepulangan jenazah Eril 

KBRI Bern di Swiss menyatakan bahwa jenazah Eril akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

"Untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia," jelas Dubes Muliaman.

"Kami memohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian. Agar seluruh proses kepulangan saudara Eril berjalan dengan lancar," tuturnya.

"Setiba di Jakarta nanti Direktoral Perlindungan WNI Kemlu RI akan memfasilitasi kedatangan rombongan di bandara Soekarno-Hatta," terangnya.

2 dari 3 halaman

Pengadilan Sudah Beri Kewenangan Keluarga Menerima Jasad Eril Anak Ridwan Kamil

Dubes Muliaman mengatakan bahwa Jenazah Eril, anak Ridwan Kamil, sudah diizinkan untuk diambil oleh pihak keluarga.

"Pihak pengadilan telah memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril," ungkap Dubes Muliaman dalam konferensi pers virtual pada Kamis (9/6), dikutip Jumat (10/6/2022).

Muliaman juga mengatakan, pihak KBRI Bern akan memastikan bahwa almarhum Eril diberikan penghormatan sesuai syariat Islam.

"KBRI Bern tentunya memastikan, bahwa penghormatan terhadap hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," katanya.

"KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses penguruan repatriasi ananda Eril ke tanah air," jelas Dubes Muliaman.

 

Unggahan Ridwan Kamil setelah jenazah Eril ditemukan

Melalui akun instagram resminya, Ridwan Kamil mengabarkan bahwa jenazah Eril akan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

"Allahu Akbar! Alhamdulillah Ya Allah SWT, engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," tulis Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil tersebut, Kamis (9/6/2022).

Ridwan Kamil pun menyampaikan terima kasih kepada KBRI dan Pemerintah Bern atas bantuan, serta masyarakat Indonesia atas doa untuk Eril.

"Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/ Pemerintab Kota Bern atas kerja kerasnya Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua. Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau maha pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami," tulisnya.

3 dari 3 halaman

Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Tiba di Tanah Air Minggu 12 Juni, Dimakamkan Senin

Dalam unggahannya di Instagram, Ridwan Kamil mengabarkan bahwa jenazah Eril akan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

“Allahu Akbar! Alhamdulillah Ya Allah SWT, engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan. Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke Tanah Air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin,” tulis RK, dikutip Jumat (10/6/2022).