Sukses

Pengusaha Berharap Mendag Zulkifli Hasan Bisa Jaga Kepercayaan Konsumen

Pengusaha meminta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan harus mampu mengembalikan tingkat kepercayaan konsumen, psikologi pasar harus dijaga.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia DKI Jakarta Sarman Simanjorang menaruh harap ke Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Mendag baru ini diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan konsumen.

Ini menyusul peegantian Menteri Perdagangan yang jadi atensi publik sebab meninggalkan sederet tantangan di sektor perdagangan. Utamanya bahan pangan yang tengah bergejolak.

"Kita pelaku usaha mengharapkan Pak Zulkifli Hasan mampu mengembalikan kepercayaan konsumen memastikan berbagai kebutuhan pokok pangan baik untuk masyarakat maupun dunia usaha pada posisi stok yang terjamin dengan stabilisasi harga yang stabil," kata dia dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (16/6/2022).

Secara khusus, kata Sarman, terkait ketersediaan stok dan harga minyak goreng yang sempat bergejolak. Ia meminta Menteri Perdagangan harus mampu mengembalikan tingkat kepercayaan konsumen, psikologi pasar harus dijaga.

"Dengan bekal pengalaman leadership yang dimiliki Pak Zulkifli Hasan tentu diharapkan mampu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian terkait," katanya.

Misalnya dengan melakukan koordinasi ke Kementerian Pertanian dan pemangku kepentingan lainnya. Seperti pelaku usaha perkebunan sawit, produsen minyak goreng, eksportir, para agen sampai ke ritel atau pedagang.

"Harga pokok pangan yang rentan bergejolak harus dilakukan pengawasan dan pengendalian baik dari sisi stok dan harga seperti daging, gula, telur, cabe, beras termasuk tepung dan lainnya," tuturnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tak Hanya Masyarakat Umum

Ia beralasan, sejumlah kebutuhan pokok ini bukan hanya bagi golongan masyarakat rumah tangga. Tapi juga dibutuhkan oleh pelaku usaha UMKM, dari hotel hingga warung makan.

"Sehingga ketersediaan atau demand dan supply harus terjaga untuk menghindari gejolak harga," katanya.

Perlu diketahui, bahan pokok mengalami kenaikan dalam beberapa waktu kebelakang. Ini termasuk juga imbas dari kenaikan harga pangan internasional.

Selain itu, jumlah produksi di dalam negeri khususnya cabai juga menjadi musabab adanya kenaikan harga di pasaran.

 

3 dari 5 halaman

Respons Pedagang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu siang (15/6/2022).

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengucapkan selamat kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, yang baru saja dilantik siang ini oleh Presiden Jokowi.

"Menteri Perdagangan merupakan menteri yang cukup rumit karena menghadapi persoalan akhir akhir ini menjelang Idul Adha," ujar Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansuri, dalam keterangan tertulis pada Rabu (15/6/2022).

Abdullah Mansuri pun menyampaikan harapan IKAPPI kepada Zulkifli Hasan yang baru saja resmi dilantik menjadi Mendag.

"Memang ini tidak bisa diselesaikan secara langsung tetapi harapan IKAPPI ada upaya perbaikan, penertiban dan konsolidasi nasional untuk kembali memulihkan ekonomi dalam negeri," tuturnya.

Dalam hal ini memperkuat program untuk keberhasilan pangan nasional.

Dia melanjutkan, IKAPPI belum bisa banyak berkomentar terhadap Mendag yang baru.

"Tetapi kami ingin menyambut welcome to jungle kepada pak menteri, belantara hutan ini harus diperbaiki, dirapikan dan satu harapan kami berpihaklah kepada pedagang pasar tradisional, berpihaklah kepada UMKM dan perkuat perdagangan dalam negeri agar tidak tersesat di dalam hutan," pungkas Abdullah.

 

4 dari 5 halaman

Hari Pertama Kerja Zulhas

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan langsung tancap gas memantau harga pangan di Pasar Cibubur di Jakarta Timur, pada Kamis (16/6/2022). Pantauan ini dilakukan sehari pasca pelantikannya sebagai Menteri Perdagangan di Istana Presiden pada Rabu 15 Juni 2022.

Mendag yang biasa di sapa Zulhas ini mengatakan, dengan hadir di pasar, melihat, dan mendengar langsung stok pangan dan keluh kesah para pedagang dan pembeli, membuat dirinya dapat merumuskan berbagai strategi penanganan masalah pangan secara nasional dengan prinsip keadilan sehingga pedagang dan pembeli bahagia.

Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan, yaitu Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dan Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto.

"Sebelum rapat-rapat, justru (kunjungan ke pasar) ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang dan masyarakat pembeli. Harga-harga barang kebutuhan pokok harus segera kita kendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat," kata Mendag Zulkifli Hasan.

 

5 dari 5 halaman

Jadi Regulator

Dia menegaskan, Kementerian Perdagangan harus menjadi regulator yang paling depan mengatur prinsip keadilan dalam perdagangan, pedagang dan pembeli harus jujur, seimbang, dan saling memberikan maslahat satu sama lain.

Sehingga pembeli dan pedagangbahagia. Jangan sampai ada yang menimbun, menahan harga, dan lainnya.

"Prinsip keadilan, harus dikedepankan. Orientasinya untuk kesejahteraan rakyat. Kita mulai dari sini. Saya ingin pedagang dan pembeli bahagia. Adil, saling memberikan kebaikan satu sama lain. Itu berkah namanya," ujar Mendag Zulkifli Hasan.