Sukses

Seperti Indonesia, AS Juga Kucurkan Bansos tapi demi Ringankan Inflasi

Seperti apa program bansos di AS dalam upaya meringankan beban inflasi? simak selengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat tengah menyoroti bantuan sosial (bansos) tambahan dari Pemerintah senilai Rp 24,17 triliun dalam rangka pengalihan subsidi BBM.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat akan mendapatkan bansos berupa bantuan langsung tunai (BLT) dengan total anggaran Rp 12,4 triliun.

"Jadi dalam hal ini Ibu Mensos akan membayarkannya 2 kali yaitu Rp 300 ribu pertama dan Rp 300 ribu kedua. Itu akan dibayarkan melalui berbagai saluran kantor pos di seluruh Indonesia untuk 20,65 juta keluarga penerima dengan anggaran Rp 12,4 trilun," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip Selasa (30/8/2022). 

Tak hanya di Indonesia, Amerika Serikat yang tengah dihadapi kenaikan inflasi juga mengeluarkan dana untuk bansos di berbagai negara bagian. 

Dilansir dari laman CBS News, bansos berupa uang tunai ini disalurkan hingga ke 21 negara bagian, untuk membantu mengimbangi inflasi yang masih tinggi.

Bansos ini diharapkan dapat membantu rumah tangga yang menghadapi kenaikan harga pangan, BBM, hingga biaya sewa.

Berikut adalah sederet negara bagian AS yang menyediakan program bansos dalam upaya meringankan beban inflasi :

Alaska

Alaska mengumumkan bulan lalu bahwa warga di negara bagian itu dapat memanfaatkan bantuan uang tunai senilai USD 3.200 per orang, termasuk transfer sebesar USD 650 untuk mengimbangi tingginya biaya BBM.

Dana bansos ini dijadwalkan cair pada 20 September mendatang.

California

Kantor gubernur California mengumumkan pada akhir Juni 2022 bahwa negara bagian itu mempersiapkan USD 9,5 Miliar dalam Pengembalian Pajak untuk membantu mengatasi inflasi.

Anggaran dalam dana bantuan pengembalian pajak ini sebesar USD 1.050 untuk 23 juta warga California dalam menghadapi kenaikan harga.

Colorado

Menurut pengumuman Departemen Pendapatan Colorado, warga negara bagian berusia 18 tahun ke atas sepanjang tahun 2021 akan diberikan tax rebate ( pengembalian pajak) sebesar USD 750 per indidividu dan USD 1.500 untuk pelapor bersama pada 30 September mendatang.

Connecticut

Connecticut menawarkan USD 300.000 hingga USD 350.000 keluarga berpenghasilan rendah dan menengah yang memenuhi syarat untuk satu kali tax rebate.

Program bernama Child Tax Rebate ini menawarkan pemotongan pajak sebesar USD 250 untuk membantu biaya hidup anak dalam keluarga, dan bakal cair pada akhir Agustus 2022.

Delaware

Departemen Keuangan Delaware mengatakan bahwa pihaknya menyediakan dana bantuan sebesar USD 300 selama musim panas ini untuk mengimbangi tingginya harga pangan dan BBM.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Bansos di Florida Hingga Illinois

Florida

Pejabat Florida mengatakan sekitar 59.000 keluarga yang memenuhi syarat akan mendapatkan dana bantuan sebesar USD 450 untuk setiap anak pada 1 Juli 2022.

Georgia

Georgia mengirimkan pengembalian dana hingga USD 500 ke pembayar pajak yang mengajukan pengembalian mereka pada batas waktu 18 April karena surplus pendapatan negara, menurut departemen pendapatan negara bagian itu.

Hawaii

Di Hawaii, otoritas negara bagian itu mengumumkan akan memberikan dana bantuan pada warganya sebanyak USD 300 pada akhir Agustus 2022, dengan jumlah pengembalian uang berdasarkan pendapatan, status pengajuan pajak, menurut Departemen Perpajakan Hawaii.

Idaho

Masyarakat yang tinggal di Idaho pada tahun 2020 dan 2021 diberikan potongan pajak hingga USD 75 atau 12 persen dari pajak negara bagian 2020 mereka, menurut Komisi Pajak Negara Bagian Idaho.

Illinois

Rencana bantuan keluarga di negara bagian Illinois termasuk menangguhkan pajak penjualan 1 persen untuk pangan hingga Juni mendatang, secara singkat memotong pajak penjualan untuk belanja kembali ke sekolah dan membekukan pajak bahan bakar motor negara bagian selama enam bulan.

Indiana

Penduduk Indiana yang mengajukan pengembalian pajak 2020 dan 2021 akan mendapatkan total USD 325 melalui setoran langsung atau cek.

Maine

Pelapor pajak tunggal di Maine berpenghasilan dibawah USD 100.000 atau 150.000 diberikan dana bantuan senilai USD 850, menurut badan layanan pendapatan negara bagian itu.

3 dari 3 halaman

Maryland Hingga New Mexico

Maryland

Maryland menawarkan dana bantuan hingga USD 2.000 untuk membantu rumah tangga berpenghasilan rendah dengan tagihan air, dengan model first-come, first-served.

Massachusetts

Negara bagian Massachusetts kemungkinan akan mengeluarkan dana sebesar USD 2,5 miliar dalam surplus uang tunai, pengembalian dana yang setara dengan 7 persen dari pembayaran pajak penghasilan negara bagian 2021 mereka.

Minnesota

Sekitar 667.000 pekerja garis depan di negara bagian Minnesota bisa mendapatkan bonus senilai USD 750 dalam beberapa pekan mendatang berkat undang-undang terkait penyisihan USD 500 juta bagi mereka yang tetap bekerja selama pandemi.

New Jersey

Sekitar 800.000 warga lansia yang memenuhi syarat difasilitasi dana bantuan sebesar USD 500 di bawah anggaran New Jersey yang disetujui pada bulan Juni 2022.

Negara bagian ini juga memberikan bantuan kepada 1,1 juta pemilik rumah dan 900.000 penyewa, meskipun rinciannya masih dalam proses.

New Mexico

Di negara bagian New Mexico, pembayar pajak yang berpenghasilan kurang dari USD 75.000 per tahun bisa mendapatkan USD 750 dalam gabungan potongan harga negara bagian untuk membantu mengatasi kenaikan harga gas, pangan dan pengeluaran rumah tangga lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.