Sukses

Kenalkan Ratu Margrethe II, Satu-satunya Pemimpin Kerajaan Terlama di Dunia Usai Ratu Elizabeth II Meninggal

Lahir di Kopenhagen pada 16 April 1940, hanya seminggu setelah Nazi menginvasi Denmark, menurut Britannica, Margrethe selalu ingin menjalani kehidupan yang jauh dari biasa.

Liputan6.com, Jakarta Setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022, Ratu Margrethe II dari Kerajaan Denmark kini menjadi satu-satunya wanita di dunia yang masih memimpin sebuah kerajaan.

Sekarang ini dia jadi ratu pemimpin terlama di benua Eropa yang bertakhta selama kurang lebih lima dekade.

Lahir di Kopenhagen pada 16 April 1940, hanya seminggu setelah Nazi menginvasi Denmark, menurut Britannica, Margrethe selalu ingin menjalani kehidupan yang jauh dari biasa.

Dari menjadi ratu yang paling lama memerintah di Eropa dan ikon mode kerajaan hingga bekerja sebagai perancang panggung untuk Netflix, mari kenali lebih dalam sosok dari Ratu Margrethe II.

Bertakhta selama 50 tahun

Dilansir dari South China Morning Post, Selasa (20/9/2022), Ratu Denmark Margrethe menandai Yobel emasnya di atas takhta pada tahun 2022.

Sebagai anak tertua dari tiga bersaudara, dia tidak selalu siap untuk menggantikan ayahnya. Raja Frederick IX, bagaimanapun, mengizinkan perempuan untuk mewarisi takhta melalui amandemen konstitusi 1953.

Pada tahun 1972, Ratu Margrethe naik tahta di Kerajaan Denmark ketika menginjak usia 31 tahun setelah kematian ayahnya. Pada banyak kesempatan, dia menyindir bahwa dia akan "tetap di atas takhta sampai aku turun" – seperti teman lamanya, Ratu Elizabeth, menurut The Guardian.

Saling mengenal dengan Ratu Elizabeth II

Selain sebagai sesama ratu wanita yang memerintah kerajaan, Ratu Elizabeth dan Margrethe tampaknya telah menjalin ikatan yang kuat sebagai sepupu ketiga.

Margrethe pernah mengungkapkan kepada ITV bagaimana mereka mengenal satu sama lain dengan nama panggilan mereka, "Daisy" dan "Lilibet".

Ratu Margrethe awalnya memiliki rencana besar untuk merayakan 50 tahun pemerintahannya pada bulan September ini, tetapi dia mengurangi sebagian besar acara setelah kematian Ratu Elizabeth, menurut People.

Menurut Euronews, dia bahkan mengirim surat khusus kepada Raja Charles III yang berbunyi, “Ibumu sangat penting bagi saya dan keluarga saya. Dia adalah sosok yang menjulang di antara raja-raja Eropa dan inspirasi besar bagi kita semua. Kami akan sangat merindukannya.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selalu tampil mengesankan

Selama lima dekade terakhir, Ratu Margrethe juga memastikan untuk tampil menarik demi mengesankan karena menjadi bagian dari ratu Denmark. Dari gaun pestanya yang berwarna berani dan topi dramatis hingga koleksi perhiasannya yang luas termasuk Bros Ruby Horseshoe dan Emerald Parure Tiara yang ikonik, Ratu Margrethe tidak pernah gagal untuk tampil menonjol di acara formal atau acara publik.

Tidak heran, cucunya Pangeran Nikolai mengikuti jejaknya yang modis dan melangkah ke dunia modeling.

Punya banyak kegiatan artistik

Ratu Margrethe tidak hanya mengekspresikan kecintaannya pada seni melalui pilihan busananya. Pelukis paruh waktu ini juga bekerja sebagai desainer kostum dan set dengan Royal Danish Ballet dan Royal Danish Theatre, menurut The Local Denmark. Dia bahkan membuat ilustrasi buku – termasuk The Lord of the Rings karya JRR Tolkien edisi Denmark 2002.

Seorang pembicara fasih berbahasa Inggris, Denmark, Prancis, Jerman dan Swedia, menurut France24, seniman multibahasa ini juga telah menerjemahkan sastra asing ke dalam bahasa ibunya, termasuk All Men are Mortal karya Simone de Beauvoir versi 1981 dengan nama samaran, lapor The Guardian.

Adapun karya terbaru dari sang ratu sebagai desainer adalah pada produksi Netflix berdasarkan novel Ehrengard karya Karen Blixen. Film fantasi ini akan dirilis pada tahun 2023.

 

3 dari 3 halaman

Terbilang sebagai ratu intelektual di Eropa

Dikatakan bahwa jika dia bukan ratu negara, Ratu Margrethe akan terpilih sebagai presiden, menurut Hello!.

Selain mengetahui lima bahasa, kerajaan Denmark telah menghabiskan bertahun-tahun belajar di universitas-universitas Eropa, termasuk arkeologi prasejarah di Cambridge dan ilmu politik di Universitas Aarhus, menurut Royal Central. Dia juga kuliah di Universitas La Sorbonne di Paris dan London School of Economics.

Dikenal sebagai ratu populis, Ratu Margrethe tidak takut mengungkapkan pikirannya, terutama dalam pidato Tahun Baru yang disiarkan televisi. Dia telah berbagi pernyataan kuat tentang masalah sosial dan politik yang penting, termasuk xenofobia, pandemi Covid-19, dan perang di Ukraina.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.