Sukses

Indonesia Punya Misi Nol Emisi Karbon 2060, BUMN Tambang Bisa Apa?

Perusahaan pertambangan termasuk BUMN Holding Pertambangan MIND ID memiliki peran penting dalam pengurangan emisi karbon

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia punya target nol emisi karbon atau net zero emission (NZE) pada 2060 mendatang. Perusahaan pertambangan termasuk BUMN Holding Pertambangan MIND ID memiliki peran penting.

Dengan begitu, grup perusahaan ini perlu menyiapkan strategi mengejar target tersebut. Salah satunya dengan penerapan ekonomi sirkular.

MIND ID sendiri beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso memandang pendekatan ini mendorong Perusahaan untuk mengoptimalkan produksi dan mengurangi risiko bahaya. Kemudian, meminimalkan dampak lingkungan dan sosial, dan mengeksplorasi lebih banyak nilai tambah di seluruh rantai nilai.

“Grup MIND ID terus berkomitmen mengedepankan aspek smart mining dalam menjalankan kegiatan operasional. Implementasi teknologi di Anggota MIND ID dilakukan mulai dari eksplorasi, operasional penambangan, pengelolaan sumber daya manusia, dan sebagainya. Selain itu Perusahaan juga menggunakan teknologi ramah lingkungan dan fokus pada pengurangan konsumsi bahan bakar," ujar Hendi di SOE International Conference, mengutip keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Grup MIND ID menetapkan target penurunan 1 persen emisi karbon pada 2022. Komitmen ini merupakan representasi upaya perusahaan menurunkan emisi dari sektor energi dan Industrial Progess and Product Uses (IPPU) sebesar 15.8 persen pada 2030 dan mendukung aspirasi net zero Pemerintah Indonesia Tahun 2060.

“Konsep pendekatan sirkular ekonomi Grup MIND ID diterjemahkan menjadi tiga pilar dekarbonisasi yakni Avoid, Reduce, dan Mitigate.” ujar Hendi.

 

2 dari 4 halaman

Penjelasan Pilar MIND ID

Dia menjabatkan, Pilar Avoid menegaskan komitmen Grup MIND ID untuk menyediakan, berinvestasi, dan meningkatkan solusi energi rendah karbon di seluruh rantai nilai. Pilar Reduce menegaskan perusahaan untuk membatasi emisi sebanyak mungkin, dan Mitigate menegaskan Grup MIND ID akan melakukan capturing dan offsetting emisi.

Ekonomi sirkular memiliki prinsip penggunaan sumber daya dan bahan baku serta produk akhir yang dapat dipakai selama mungkin, menghasilkan produk samping yang minimal, dapat digunakan kembali dan daur ulang. Untuk itu Grup MIND ID terus melakukan efisiensi energi.

Diantaranya berupaya menggunakan bahan bakar rendah karbon (biofuel, hidrogen) mengubah energi primer dari bahan bakar fosil untuk kegiatan operasional, Carbon Capture/Absorb. Lalu mengembangkan teknologi yang dapat meningkatkan capture emisi CO2 dari operasional, berfokus pada daya rendah karbon pada pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan.

"Pendekatan ekonomi sirkular pada upaya penurunan emisi hingga zero carbon diterapkan pada setiap rantai nilai mulai dari proses eksplorasi, pertambangan, pengolahan, bahan baku, desain produk, produksi, hingga proses daur ulang," tutup Hendi.

 

3 dari 4 halaman

Cara MIND ID Kurangi Emisi Karbon 28 Persen di 2030

Holding BUMN Industri Pertambangan atau MIND ID punya target mengurangi emisi karbon di tiap perusahaannya sebesar 28 persen di 2030. Sejumlah upaya pun dilakukan guna mengejar target tersebut.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengungkap upaya mengurangan emisi karbon atau dekarbonisasi telah dilakukan sejak 2020 lalu. Ini juga sejalan dengan tema Staye Owned Enterprise (SOE) International Conference yang tengah digelar di Nusa Dua, Bali.

Menurutnya, Grup MIND ID telah mengimplementasikan program – program carbon reduction dan carbon offset yang dapat mengurangi emisi GRK sejumlah lebih dari 400 ribu ton C02e atau sebesar 28% dari target pengurangan emisi pada tahun 2030.

"Setiap Anggota memiliki target terhadap pengurangan carbon, sehingga target Net Zero Emission (NZE) di 2060 serta pengurangan carbon sebanyak 28 persen di 2030 dapat tercapai," kata dia dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

 

4 dari 4 halaman

Tanggung Jawab

Dany memandang langkah nyata program Dekarbonisasi ini tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang membebani Perusahaan, sekalipun dalam praktiknya berdampak pada meningkatnya pembiayaan. Namun ini sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjaga keberlanjutan.

“Perlu adanya penyesuaian Teknologi demi terciptanya carbon reduction. Selain itu, Grup MIND ID juga memiliki program unggulan berupa reklamasi dan reforestasi pasca tambang. Serta memastikan setiap praktik operasional pertambangan yang sesuai dengan prinsip Good Mining Practice,” paparnya.

Dany menuturkan, dalam konteks membangun Ekosistem EV, Grup MIND ID mendukung penuh dan berperan aktif dalam mewujudkannya. Hal ini terwujud dari inisiasi MIND ID yang telah menandatangani Nota Kesepahaman bersama dengan Arrival Ltd yang menujuk PT Indonesia Battery Company (IBC) untuk join studi pengembangan microfactory EV di Asia Pasific.