Sukses

Dorong Jadi Lumbung Pangan Nasional, Mentan SYL: Sumut Harus Jadi Contoh!

Kementerian Pertanian terus mendorong Provinsi Sumatera Utara untuk menjadi lumbung pangan nasional.

Liputan6.com, Deli Serdang Kementerian Pertanian terus mendorong Provinsi Sumatera Utara untuk menjadi gerbang utama lumbung pangan nasional. Berdasarkan letak geografisnya, Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang paling strategis karena memiliki hamparan tanah subur dan hasil olahan berkualitas.

"Saya mau katakan Sumatera Utara itu harus menjadi contoh. Karena itu harus ada kolaborasi dalam menjaga semangat bersama," kata Mentan SYL. 

"Mari kita jaga agar inflasi tidak naik dan daya beli masyarakat tetap terjangkau. Deli Serdang itu sudah over stock dan over stock-nya harus kita jaga bersama," ajaknya.

Ia pun menjelaskan bahwa dari sisi target penanaman di Desa beringin mencapai 235 ha dengan penutup tanam sekitar seminggu ke depan.

Sementara target tanam di Kecamatan Beringin mencapai 2.680 ha dengan varietas yang digunakan adalah varietas Ciherang, mekongga, inpari 32 dan inpari 42.

"Kita pakai alat tanam transplanter sebanyak 3 unit dengan provtas sekitat 6,5 sampai dengan 7 ton/ha," kata Mentan SYL.

Fasilitas KUR pertanian juga terus didorong oleh pemerintah. Bagi Mentan SYL, KUR dapat menunjang proses budi daya sampai pengembangan usaha tani.

"Layanan tersebut bisa dimanfaatkan, karena pemerintah telah meringankan bunga KUR hingga 3 persen. Bapak dan ibu sekalian bisa menggunakan KUR sebagai modal utama usaha taninya," ungkapnya. 

"Jadi kita bisa pakai varietas yang bagus dan tidak bergantung pada pupuk subsidi. Produktivitas akan memberi keuntungan jika pengelolaannya dilakukan secara baik," tambah Mentan SYL.

2 dari 2 halaman

Penyangga Ekonomi Nasional

Menurut SYL, pertanian sejauh ini merupakan sektor penyangga ekonomi nasional dalam menghadapi berbagai ancaman krisis dunia. Pertanian terbukti mampu tumbuh dengan baik disaat sektor lainya melemah akibat tantangan global.

"Kalau kita mau bertani maka kita telah memastikan bahwa kita adalah orang yang punya uang. Kalau kita mau kaya ya bertani. Jadi kalau mau perbaiki daerahmu ya perbaiki pertanian. Pertanian itu hebat dan pertanian itu keren," katanya.

Wakil Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf Siregar menyampaikan terima kasih atas perhatian Mentan SYL terhadap sektor pertanian di wilayahnya. Menurutnya, dari luas persawahan yang ada saat ini, Deli Serdang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumatera Utara.

"Kabupaten Deli Serdang adalah penghasil lumbung pangan di Sumatera Utara. Karena itu kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Menteri yang terus memperhatikan sektor pertanian di kabupaten Deli Serdang," jelasnya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan bahwa upaya gerakan tanam ini diharapkan mampu meningkatkan indeks pertanaman Deli Serdang menjadi dua kali lipat. Terutama menyoal adanya ancaman krisis pangan global yang berdampak pada berbagai hal.

"Program yang menjadi prioritas guna mengamankan ketahanan pangan nasional terhadap ancaman krisis pangan global yang telah disiapkan diantaranya mengurangi impor untuk beberapa komoditas, di antaranya adalah kedelai, gula, sapi, bawang putih, substitusi impor gandum: dengan sagu, sorgum, singkong dan komoditas lain," jelasnya.

 

(*)

Video Terkini