Sukses

836 Mobil Listrik Pinjaman Bakal Angkut Delegasi KTT G20 Bali

Fasilitas kendaraan dalam KTT G20 akan secara penuh menggunakan kendaraan listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menyiapkan mobil listrik sebagai fasilitas kendaraan yang ditawarkan kepada para delegasi G20, untuk acara KTT di Bali pada 16 November mendatang.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mengungkapkan bahwa sejumlah delegasi negara anggota G20 akan datang di Bali mulai 13 November mendatang. 

"Yang pertama, mungkin akan ada beberapa delegasi yang datang di tanggal 13, dan ada juga yang datang di tanggal 14. Mereka kemudian akan disambut dengan rangkaian kendaraan listrik," terang Setya, dalam konferensi pers yang disiarkan pada Senin (7/11/2022). 

Setya menambahkan, bahwa fasilitas kendaraan dalam [KTT G20](/5118574 "") akan secara penuh menggunakan kendaraan listrik yang disediakan oleh pabrikan dari Asia yaitu Korea Selatan, Jepang dan China.

"Ada 836 mobill listrik bagi tamu VVIP dan delegasi yang didukung oleh Hyundai, Toyota dan Wuling. Ada juga yang didapatkan dari pembelian. Jadi 836 unit mobil listrik tadi merupakan kerja sama dengan kementerian kami atau negara," bebernya. 

"Ada (sejumlah) motor dan mobil listrik yang diadakan oleh TNI dan Polri. Sementara 836 mobil listrik tersebut merupakan pinjaman. Jumlah keseluruhannya ada 962 kendaraan listrik, serta 454 motor listrik dan 26 bis listrik," lanjut Setya.

Bis listrik ini salah satunya akan digunakan sebagai fasilitas kendaraan di berbagai venue KTT G20, dan dapat dimanfaatkan oleh tamu media yang hadir. 

"Ada bis nanti yang akan digunakan misalnya untuk wartawan di PICC, juga media center KTT 20 untuk bergerak menuju Apurva Kempinski," jelas Setya.

Selain kendaraan listrik, disebutkan juga ada sejumlah delegasi negara yang meminta fasilitas kendaraan tahan peluru. 

"Kami menyarankan mereka yang sudah punya bisa membawa sendiri, atau kami menyediakan tetapi sangat terbatas jumlahnya," jelas Setya, seraya menambahkan bahwa fasilitas tersebut akan diberikan kepada delegasi yang sudah terlebih dahulu meminta fasilitas kendaraan baja atau anti peluru.

2 dari 3 halaman

20 Mobil Listrik untuk G20 Touring dari Jakarta ke Bali

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas pawai atau touring kendaraan listrik dari Jakarta ke Bali, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022). Total ada 20 mobil listrik yang akan melakukan perjalanan darat.

Budi Karya mengatakan, inisiasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub ini sebagai kampanye penggunaan mobil listrik. Dia menginginkan masyarakat mengetahui berbagai manfaat dari penggunaan kendaraan rendah emisi tersebut.

Menurut catatan, ini merupakan kegiatan kali kedua, sebelumnya Kemenhub juga menggelar touring kendaraan listrik Jakarta-Jambi pada awal 2022.

“Saya minta para peserta touring nantinya dapat menceritakan pengalamannya menggunakan kendaraan listrik. Apa manfaatnya, keuntungannya, dan bagaimana masa depannya, agar diceritakan apa adanya. Ini akan menarik minat masyarakat untuk mengenal kendaraan listrik,” ujar Menhub Budi, dalam keterangannya, Senin (7/11/2022).

Dia menyebut, pemerintah telah menerbitkan sejumlah regulasi untuk mempercepat implementasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia dengan target 2 juta kendaraan listrik beroperasi pada 2025. Disamping itu, ada juga berbagai upaya lainnya yang dilakukan pemerintah.

“Pemerintah juga melakukan upaya agar kendaraan listrik ini mendapatkan subsidi sehingga harganya semakin ekonomis, dan akan semakin menarik minat masyarakat untuk menggunakannya," tuturnya.

Menhub Budi menyampaikan apresiasinya kepada sejumlah produsen otomotif, komunitas, pemerintah daerah, serta pihak terkait lainnya yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan touring ini.

3 dari 3 halaman

5 Hari Perjalanan

Touring ini akan berlangsung selama 5 hari, melewati rute Jakarta – Cirebon – Semarang – Surakarta – Surabaya – Jember – Bali sepanjang 1.250 km. Dalam perjalanannya, peserta touring akan singgah di beberapa kota dan melakukan sosialisasi keselamatan berkendara di antaranya di kota Surakarta dan Jember.

Saat finish di Bali pada 11 November 2022, kegiatan akan dilanjutkan dengan pameran kendaraan listrik di Bali memanfaatkan momen Presidensi Indonesia dalam G20. Ini sebagai wujud komitmen dukungan Indonesia terhadap dekarbonisasi sektor transportasi dan transisi energi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Touring diikuti 20 unit kendaraan yang berasal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, PT PLN (Persero), PT Hyundai Motor Indonesia, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, PT Toyota Astra Motor, PT Sokonindo Automobile (DFSK), PT SGMW Motors Indonesia (Wuling), PT Blue Bird Tbk, PT Sinar Armada Globalindo, serta PT Mobilindo Armada Cemerlang (Zhongtong).

Turut hadir pada Pelepasan Touring Kendaraan Listrik Jakarta-Bali, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Ketua Umum Periklindo Moeldoko, Direktur Regident Korlantas Polri Yusri Yunus, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, serta perwakilan PT PLN (Persero) dan PT Jasa Raharja.