Sukses

Disahkan Jokowi, Ini Isi Leaders' Declaration KTT G20 Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengesahkan deklarasi pemimpin, atau Leaders' Declaration pada KTT G20 Bali, Rabu (16/11/2022) .

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengesahkan deklarasi pemimpin, atau Leaders' Declaration pada KTT G20 Bali, Rabu (16/11/2022) .

"Alhamdullilah, hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders' Declarations ini adalah dekralasi pertama yang bisa diwujudkan sejak Februari 2022," kata Jokowi. 

RI 1 lantas berterimakasih atas kehormatan yang diterima Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 dalam 1 tahun terakhir. 

Jokowi mengutarakan, Presidensi G20 Indonesia dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi Covid-19. 

Namun belum selesai pandemi, berbagai cobaan baru muncul imbas dari konflik geopolitik Rusia-Ukraina, seperti terjadinya krisis pangan dan krisis energi.  

"Berbagai tantangan-tantangan baru muncul, yang bukan hanya menghambat pemulihan, namun juga dapat mengancam dunia terjerumus ke krisis yang lebih dalam," ujar Jokowi.

Adapun dalam dokumen Leaders' Declaration yang diterima Liputan6.com, terdapat 52 poin yang dijabarkan sebagai hasil akhir pertemuan KTT G20 Bali 2022. 

Beberapa diantaranya, menyinggung soal komitmen terhadap adopsi praktik inovatif dan teknologi semisal inovasi digital pada sistem pangan dan agrikultur, serta permintaan pada Organisasi Pangan dan Agrikultur (FAO) dan Bank Dunia seputar hasil pemetaan tentang kerawanan pangan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tutup KTT, Jokowi Serahkan Presidensi G20 ke PM India

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menutup penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Rabu (16/11/2022). Dengan ini, acara KTT G20 yang dilaksanakan di Bali sejak 15 November 2022 dinyatakan selesai.

"Dengan ini, saya nyatakan dengan ini G20 di Bali di Indonesia, ditutup," kata Jokowi dan dilanjutkan mengetok palu lima kali, sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022). 

Dia menyampaikan terima kasih kepada para pemimpin negara G20 serta tamu undangan yang sudah hadir dalam KTT di Bali. Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sangat terhormat dapat memimpin G20 selama 1 tahun terakhir.

"Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia semua dan juga selamat jalan and have a safe trip," ujar dia.

Jokowi kemudian menyerahkan palu kepemimpinan Presidensi G20 kepada Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi. Hal ini dikarenakan India akan menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan KTT G20 tahun 2023.

"Terima kasih dan palu kepemimpinan saya serahkan kepada India," ucap Jokowi.

Sebagai informasi, KTT G20 di Bali berlangsung 15 sampai 16 November 2022. Adapun para pemimpin negara yang hadir di KTT G20 antara lain, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Long, PM Belanda Mark Rutte, Presiden Rwanda Paul Kagame, Presiden Komisi Eropa Ursula Von der Leyen, Presiden European Council Charles Michael.

Kemudian, PM Inggris Rishi Sunak, PM Kanada Justin Trudeau, PM Jepang Fumio Kishida, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, PM Australia Anthony Albanese. Ada pula Sekjen PBB Antonio Guterrez, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

3 dari 3 halaman

Kepala Negara Lainnya

Selanjutnya, Presiden Korea Selatan Yoon Seuk Yeol, Presiden Argentina Alberto Fernadez, Menlu Rusia Sergey Lavrov, PM India Narendra Modi, Presiden Uni Emirate Arab Muhammad bin Zayed Al Nahyan.Lalu, PM Italia Giorgia Meloni.

Selain itu, Menlu Brasil Carlos Alberto Franca, dan Utusan Khusus Perdana Menteri Fiji Ratu Inoke Kubuabola, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden China Xi Jinping, hingga Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Sementara itu, pemimpin lembaga internasional yang hadir yakni, Presiden ADB Masatsugu Asakawa, Direktur Jenderal ILO Gilbert F. Houngbo, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, hingga Muhammad Sulaiman Al Jasser selaku Presiden Islamic Development Bank (ISBD).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.