Sukses

Jalan Tol Japek Selatan II Dibuka Gratis Saat Nataru, Waktu Tempuh Cuma 10 Menit

PT Jasa Marga Tbk akan membuka ruas tol fungsional Jakarta Cikampek Selatan II saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Dalam pelaksanaannya, tidak ada tarif yang akan dikenakan kepada pengguna.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga Tbk akan membuka ruas tol Jakarta Cikampek Selatan II secara fungsional saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Dalam pelaksanaannya, tidak ada tarif yang akan dikenakan kepada pengguna.

Ruas tol sepanjang 8,5 kilometer (km) ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan dari Bandung menuju Jakarta. Selanjutnya, pengguna bisa masuk ke jalan arteri setelah keluar di gerbang tol Kutanegara.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menerangkan waktu tempuh pengguna jalan tol Japek Selatan II ini. Menurutnya, untuk panjang 8,5 km, bisa ditempuh dalam waktu 10 menit saja.

"Sekitar 10 menit untuk panjang 8,5 km, dari akses tadi Sadang sampai gerbang tol Kertanegara ini," ujarnya kepada wartawan di Gerbang Tol Kutanegara, Jumat (16/12/2022).

Akses masuk dari Sadang itu berada di KM 76+800 jalan tol Padaleunyi. Setelah itu, pengguna masuk ke jalan tol sepanjang 8,5 kilometer hingga gerbang tol Kutanegara.

Untuk melanjutkan perjalanan, pengguna bisa masuk ke jalan arteri di sekitar Klari, Karawang sepanjang 16 kilometer. Selanjutnya, bisa masuk kembali ke jalan tol via Gerbang Tol Karawang Timur.

"Dari luar Kutanegara sampai gerbang tol Karawang Timur sekitar 45 menit dengan kondisi lalin (lalu lintas) normal," sambung Direktur Utama Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra, di tempat yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mampu Menampung 2.900 Kendaraan

Lebih lanjut, Charles menerangkan kalau ruas tol fungsional ini mampu menampung sekitar 2.900 kendaraan dalam satu hari. Angka ini berdasarkan pada asumsi kondisi lalin normal dengan kecepatan kendaraan yang juga normal.

Namun, kemungkinan banyaknya kendaraan yang melewati ruas Japek Selatan II ini diperkirakan tak sebanyak itu saat Nataru. Alasannya, pembukaan akses jalan hanya dilakukan jika situasi jalur utama mengalami kepadatan berlebih.

"Kalau dibuka seharian itu 2.900 (kendaraan) tapi kalau dilakukan situasional, buka-tutup tidak mencapai 2.900 itu," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Masih Gratis

Sementara itu, terkait tarif, Lisye menegaskan kalau saat pengoperasian di Nataru, ruas ini belum akan dikenakan tarif. Kebutuhan untuk mengurai kepadatan kendaraan jadi alasannya.

"Ini gerbang tol fungsional Cikampek Selatan ini untuk dari Sadang sampai Kutanegara, karena sifatnya fungsional jadi belum ada tarif yang diberlakukan," ujarnya.

Dia menyebut kalau tarif baru akan berlaku ketika seluruh proses sudah rampung. Termasuk uji kelaikan jalan tol tersebut. Menurut target, ruas ini akan beroperasi pada Juli 2023 mendatang.

"Karena kan sifatnya tarif itu akan berlaku ketika sudah dinyatakan sudah operasional dan layak operasi dan sudah ada surat dari kementerian karena sifarnya ini jalan tol fungsional jadi belum ada tarif yang dikenakan," paparnya.

 

4 dari 5 halaman

Tol Japek Selatan II Dibuka Saat Nataru Hanya Arah Bandung ke Jakarta

PT Jasa Marga Tbk akan membuka ruas tol Jakarta-Cikampek II ruas Sadang-Kutanegara pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Ruas sepanjang 8,5 kilometer ini hanya bisa dilalui dari arah Bandung ke Jakarta.

Untuk diketahui, pembukaan jalan tol fungsional ini akan mengikuti kondisi lalu lintas saat Nataru. Misalnya, ketika terjadi kepadatan kendaraan yang keluar di gerbang tol Kalihurip Utama dan Dawuan.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra menjelaskan, ruas ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan dari Bandung menuju Jakarta.

"Diprioritaskan untuk kendaraan arus balik liburan Nataru nanti. Jadi dari mulai dari Bandung menuju Jakarta, ini jalur alternatifnya bisa menggunakan ruas Japek II Selatan ini dari Sadang KM 76 (KM 76+800) tadi sampai gerbang tol Kutanegara," jelasnya kepada wartawan di gerbang tol Kutanegara, Jumat (16/12/2022).

Hanya saja, kendaraan yang bisa melalui ini hanya kendaraan kecil. Artinya hanya kendaraan-kendaraan dalam golongan I, seperti mobil sedan dan minibus.

"Khusus golongan I ya, sedan dan minibus ya, bukan bus ya," ujar Charles.

Charles menjelaskan kalau ruas Japek Selatan II ini tidak dibuka langsung pada saat momen Nataru. Tapi, mengacu pada tingkat kepadatan di gerbang tol Kalihurip Utama dan Dawuan. Biasanya, dua lokasi ini menjadi titik pertemuan antara kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dan dari tol Cipali yang juga menuju Jakarta.

"Untuk digunakannya ruas ini memang sangat tergantung (kondisi lalu lintas) ruas Japek Selatan eksisting ya, (kalau) udah ada pengetatan di sekitar Dawuan sama gerbang tol Kalihurip Utama, ini bisa digunakan ruas ini. Tapi tetap hasil diskresi kepolisian dalam hal ini Korlantas," terangnya.

 

5 dari 5 halaman

Siap Dibuka Pekan Depan

Pada kesempatan yang sama, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan kesiapan dibukanya ruas ini. Sejatinya, ruas ini sudah bisa disiapkan pada prkan depan.

Hanya saja, kata Lisye, prioritas penggunaan jalan tol fungsional ini dibuka pada saat puncak arus balik momen Nataru. Menurut prediksinya, terjadi pada 25 Desember 2022 dan 1 Januari 2023.

"Sebenarnya kita mulai minggu depan juga sudah bisa disiapkan, tapi memang ini ditujukan untuk arus balik sesuai prediksi kami, arah dari Bandung menuju Jakarta, jadi akan diperkirakan mungkin arus balik pada saat Natal itu pada tanggal 25 Desember 2022 dan di Tahun Baru itu di tanggal 1 Januari 2023," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.