Sukses

Sidak Bandara Soetta, Menhub Cek Umrah Lounge dan Kesiapan Hadapi Nataru

Saat di Terminal 3 Bandara Soetta, Menhub Budi Karya Sumadi bersama rombongan Kementerian Perhubungan langsung meninjau Umrah Lounge baru, yang sebelumnya kantor Garuda City Center (GCC).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pantauan di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Jumat (23/12/2022). Sesampainya, Budi Karya langsung menuju Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. 

Saat di Terminal 3, Menhub Budi Karya Sumadi bersama rombongan Kementerian Perhubungan langsung meninjau Umrah Lounge baru, yang sebelumnya kantor Garuda City Center (GCC). Dia juga menyapa calon jamaah umrah yang berada di lounge, menunggu keberangkatan.

Menurutnya, adanya Umrah Lounge yang baru dioperasikan bulan ini lantaran adanya keluhan dari pengguna Terminal 3. Lalu, hasil kordinasi dengan pengelola Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II, maka Kemenhub memindahkan lounge umrah ke bekas kantor GCC tersebut.

 

"Rekan-rekan tahu, bahwa pada saat sebulan lalu, ada komplain kalau Terminal 3 tidak menampung dengan baik atau memberikan layanan yang kurang maksimal. Oleh karenanya, ada beberapa perbaikan yang dilakukan AP II, termasuk pengadaan Umrah Lounge ini," tutur Menhub Budi Karya Sumadi.

Dalam gedung tersebut, lounge terdiri dari ruang tunggu khusus yang nyaman untuk para calon jamaah umrah. Lalu ada kantin dan mushola yang luas, serta beberapa fasilitas lain untuk para jamaah.

"Tadi saja ada jamaah asal Banjarnegara, dia sudah 2 hari di sini. Jadi kalau di lounge, bisa beristirahat dengan baik sampai flight, kalau semuanya di Terminal 3 kan kasihan juga," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek Keramaian Nataru di Bandara Soetta

Selain itu, Menhub juga memantau kesibukan Bandara Internasional Soekarno Hatta, dimana, mulai kemarin dan hari ini, bandara tersebut sudah memasuki puncak pergerakan penumpang ataupun pesawat.

"Secara khusus saya ke Soetta untuk memastikan bahwa Nataru berjalan dengan baik. Dari apa yang diperlihatkan, inshaAllah berjalan dengan baik, pelayanan juga dilayani dengan baik," katanya.

Dari laporan yang dia terima, pada Kamis, 22 Desember 2022 dan hari ini, Jumat, 23 Desember 2022, maka sudah melampaui 1.000 penerbangan, dengan data pergerakan penumpangnya sudah melewati 140 ribuan penumpang.

"Ini berarti kebangkitannya sudah lebih dari 90 persen, ini menunjukan adanya kebangkitan. Dengan begini, kita sudah bisa menjalani mandat Presiden Jokowi, soal konektifitas yang berjalan dengan baik," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Puncak Arus Mudik Pakai Pesawat, Bandara Soetta Membludak Sejak Subuh

Pengelola Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang Banten memprediksi, bila hari ini, 23 Desember 2022, menjadi puncak pergerakan penumpang dan pesawat. Penumpang pun memadati Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 sejak subuh tadi.

Dari data yang diperoleh, prediksi pergerakan penumpang baik kedatangan dan keberangkatan di Terminal 1 mencapai 26.531 orang, lalu di Terminal 2 mencapai 47.702 orang, dan di Terminal 3 mencapai 68.574 orang.

Sehingga total prediksi pergerakan penumpang hari ini di Bandara Soetta mencapai 142.807 pax.

"Untuk pergerakan pesawat, kedatangan mencapai 483 pesawat dan keberangkatan 489 pesawat. Sehingga total prediksi pergerakan pesawat di hari ini mencapai 972 penerbangan," ungkap SM of Branch Communication & Legal Badar Soekarno-Hatta M. Holik Muardi, Jumat (23/12/2022).

Dengan prediksi tersebut, Holik menyebut, bila hari ini menjadi puncak arus liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Yakni pada H-2 sebelum perayaan Natal, 25 Desemver 2022.

"Jadi, kami memprediksi, puncak arus liburan akan terjadi pada hari ini dan besok, 24 Desember 2022," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Bandara Tersibuk

Sementara, Director of Operation Angkasa Pura II Muhamad Wasid menjelaskan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk selama angkutan nataru 2022. Dia memperkirakan, jumlah penumpang di bandara tersebut akan berjumlah 1,38 juta.

“Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya program penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022," ujar Wasid di Bandara Soekarno-Hatta, beberapa waktu lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini